Pengertian Komunikasi Praktis

Pengertian Komunikasi Praktis

Blog yang sedang Anda kunjungi ini menggunakan nama Domain dan “Homepage Title” yang sama, yaitu Komunikasi Praktis. Bahasa Inggrisnya, Practical Communication.

Komunikasi praktis yaitu pengetahuan dan keterampilan komunikasi (knowledge and skill of communication) yang biasa dan mudah dipraktikkan (praktis, practical) dalam kehidupan sehari-hari, bukan komunikasi sebagai kajian atau perspektif ilmu (ilmiah).

Salah satu literatur komunikasi praktis adalah buku karya S. Kathleen Kitao dan  Kenji Kitao, Practical Communication, yang diterbitkan Asahi Press  Jepang 1998.

Buku ini fokus pada bahasan tentang aspek-aspek praktis komunikasi dalam dunia bisnis, terutama tentang komunikasi tulisan (written communication), seperti tips menulis surat, laporan, dan memo.

Komunikasi praktis memerlukan skill atau keterampilan komunikasi.

Pengertian Komunikasi Praktis

Apa itu keterampilan komunikasi?

Keterampilan komunikasi adalah kemampuan yang Anda gunakan saat memberi dan menerima berbagai jenis informasi. Meskipun keterampilan ini mungkin menjadi bagian rutin dari kehidupan kerja Anda sehari-hari, berkomunikasi dengan cara yang jelas, efektif, dan efisien adalah keterampilan yang sangat istimewa dan berguna. 

Belajar dari komunikator hebat di sekitar Anda dan secara aktif mempraktikkan cara untuk meningkatkan komunikasi Anda dari waktu ke waktu pasti akan mendukung upaya Anda untuk mencapai berbagai tujuan pribadi dan profesional.

Keterampilan komunikasi melibatkan mendengarkan, berbicara, mengamati dan berempati. Sangat membantu juga untuk memahami perbedaan cara berkomunikasi melalui interaksi tatap muka, percakapan telepon, dan komunikasi digital, seperti email dan media sosial.

Ada empat jenis komunikasi utama yang mungkin Anda gunakan setiap hari, termasuk:
  1. Verbal: Berkomunikasi dengan bahasa lisan.
  2. Nonverbal: Berkomunikasi dengan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan vokal.
  3. Tertulis: Berkomunikasi dengan cara bahasa tertulis, simbol dan angka.
  4. Visual: Komunikasi melalui fotografi, seni, gambar, sketsa, bagan dan grafik.
Di blog ini Anda akan menemukan berbagai tips atau referensi tentang komunikasi lisan (public speaking, presentasi, Master of Ceremony [MC], dan siaran radio) dan komunikasi tulisan (jurnalistik atau komunikasi media), termasuk keterampilan komunikasi bagi praktisi humas, yakni Media Relations (Hubungan Media) dan PR Writing (Penulisan Humas), seperti menulis siaran pers (press release), konferensi pers (press conference), dan wawancara media (media news interview). 

Semoga bermanfaat.

Salam Hangat,

Komunikasi Praktis
www.komunikasipraktis.com

Post a Comment

Previous Post Next Post