Tips Jadi Wartawan/Penulis Masa Kini: Awali dengan Sebuah Blog!

Komunikasi Praktis
jurnalisme blog

By ASM. Romli

ANDA ingin menjadi wartawan atau penulis? Awali dengan ngeblog! Itulah salah tips menjadi wartawan/penulis yang dikemukakan “Bighow Online Journalism Handbook” dalam “The 7 Commandments for New Journalists” dan saya setuju 100% dengannya.

Salah satu komandemen –blogging– itu memperkuat hasil survei tentang skill yang harus dimiliki wartawan online dalam “Top 10 skills for online journalists“, yakni blogging (poin 3).

Dalam komandemen itu disebutkan (poin 5):

If you want to do journalism, launch a blog right now and get on with it. If you are unique and fill a need, you will succeed. 

Komunikasi media atau jurnalistik era multimedia saat ini tidak cukup dengan kemampuan menulis (writing skill). Butuh keahlian lain, seperti edit foto dan video, termasuk keterampilan menulis di media online atau mengelola isi website (web content management).

Karenanya, wartawan/penulis era multimedia sekarang, era internet, era digital, harus menguasai banyak keterampilan terkait fasilitas online. Semua itu bisa dimulai dengan ngeblog (blogging).

Dengan ngeblog, Anda akan “learing by doing” soal menulis online (online writing), edit foto, embed video, belajar HTML dasar, kode-kode atau script, dan banyak lagi. Maka, just go… blog… ging! Ayo, awali dengan ngeblog!

Anda bisa membuat blog di platform blog terpopuler milik Google, www.blogger.com/www.blogspot.com, di WordPress yang sudah diset SEO Friendly tanpa harus utak-atik Meta Tag di HTML Script Template, atau di blogdetik.com, kompasiana.com, dan banyak lagi. Dosen dan mahasiswa biasanya bisa ngeblog dengan “nebeng” di website universitas –mengunakan nama domain kampus.

7 Komandemen untuk Jurnalis Baru

Dalam “The 7 Commandments for New Journalists” disebutkan:

1. Tidak ada masalah dengan jurnalistik (there is no problem with journalism). Selalu ada kebutuhan terhadap berita dan reporter. Jangan selamatkan jurnalistik — Selamatkan Komunikasi Jujur. (Don’t Save Journalism – Save Honest Communication).

2. Orang mau keluar dulit (bayar) untul jurnalistik berkualitas tinggi (People pay for high quality journalism).

3. Selama Anda meliput atau memberitakan/menulis dengan cara yang baik, Anda melakukan hal yang benar. Orang akan membaca tulisan Anda. (As long as you will cover the news in a no-bullshit way, you will do fine. People will come read your stuff).

4. Jadilah jurnalis yang baik, unik, dan bernilai. (Be a good, unique, and valuable journalist).

5. Jika Anda ingin terjun ke dunia jurnalistik, buat blog sekarang juga. Jika Anda menuliskan hal unik dan memenuhi kebutuhan user, Anda akan sukses. (If you want to do journalism, launch a blog right now and get on with it. If you are unique and fill a need, you will succeed).

6. Pelajari bagaimana berinteraksi dengan orang-orang secara online. (Learn how to interact with people online). Blog comments, forums, twitter questions and replies, engaging people on social media, encouraging participation, helping people post, moderating…

7. Baca tulisan-tulisan yang baik (Read good stuff). Baca dan kunjungi blog blogger ternama. Anda akan belajar dari mereka tentang menjadi blogger, penulis, dan jurnalis online yang baik. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Response (1)

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *