4 Teknik Dasar Siaran Radio dan Podcast

Teknik Dasar Siaran Radio dan Podcast
Siaran radio dan membuat podcast secara teknis siaran sama. Berikut ini Cara, Tips, atau Teknik Dasar Siaran Radio dan Podcast. Catatan ASM Romli.

SIARAN radio dan podcast hakikatnya berkomunikasi dengan pendengar. Komunikasi artinya menyampaikan pesan.

Pesan yang disampaikan penyiar radio antara lain informasi, tips, judul lagu, penyanyi, dan informasi komersial (iklan adlibs).

Pesan yang disampaikan podcaster umumnya berupa informasi, pengalaman, atau pendapat (opini) tentang topik bahasan yang disebutkan dalam judul episode podcast.

Teknik Dasar Siaran Radio dan Podcast

1. Ngobrol, Komunikasi Interpersonal

Siaran radio dan podcasting hakikatnya ngobrol dengan pendengar. 

Karenanya, penyiar radio harus menggunakan gaya komunikasi interpersonal (antarpribadi) dengan pendengar, yaitu menggunakan gaya percakapan, obrolan, alias conversational style, layaknya ngobrol dengan seorang teman via telepon.

Dalam siaran musik (pemutaran lagu), teknik dasar siaran radio itu mengantarkan lagu atau berbicara di antara satu lagu dan lagu lainnya.

Sebelum dan sesudah memutarkan lagu, penyiar berbicara, membaca SMS, menerima telepon, atau menyampaikan informasi.

2. Menyampaikan Berita, Nada Netral

Dalam siaran berita atau saat menyampaikan atau "membacakan" berita, penyiar tidak menggunakan gaya ngobrol, melainkan menyampaikan berita dengan nada (tone) normal. 

Simak contoh presentasi berita radio dari BBC Radio berikut ini:




3. Berbicara kepada satu orang

Teknik dasar siaran radio dan podcasting lainnya adalah berbicara kepada SATU orang pendengar. Talk to One Person. Penyiar harus membayangkan pendengar ada di depan meja siarannya. Dia teman baiknya.

Ini yang dikenal dengan "visualisasi", yaitu membayangkan pendengar hanya satu orang, teman dekat, dan ada di depannya.

4. Smiling voice

Termasuk teknik dasar siaran radio dan podcasting adalah senyum. Penyiar radio harus mengeluarkan "suara senyum" (smiling voice) agar terkesan akrab, hangat, friendly!

Tugas penyiar adalah menemani seorang pendengar yang sedang mengerjakan tugas sekolah, nyopir di jalanan yang macet, pendengar yang sedang sendirian di ruang tunggu rumah sakit, dan sebagainya. 

Demikian 4 teknik dasar siaran radio dan podcast. Anda bisa baca referensi The Power of Radio atau buku Dasar-Dasar Siaran Radio untuk tips lengkapnya. Wasalam.*

Post a Comment

Previous Post Next Post