Pengertian Startup: Usaha Rintisan Digital, Contoh, dan Ide

Pengertian Startup: Usaha Rintisan Digital
Pengertian Startup: Usaha Rintisan Digital, Contoh, dan Ide, Inspirasi.

STARTUP adalah usaha rintisan digital, yaitu sebuah usaha yang baru saja dibangun atau dalam masa rintisan.

Namun, istilah startup atau start-up atau perusahaan rintisan ini tidak berlaku untuk semua bidang usaha.

Istilah startup merujuk pada perusahaan bidang teknologi dan informasi (IT) yang berkembang di dunia internet.

Secara bahasa startup berasal dari start yang artinya mulai dan up yang artinya naik atau meningkat. Startup adalah mulai meningkat dalam pengertian memulai usaha yang nantinya akan berkembang.

Jenis bisnis atau usaha rintisan digital ini bisa beragam, misalnya seperti pengembang aplikasi, sistem pembayaran, jasa, perdagangan, dan sebagainya.

Menurut Wikipedia, perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. 

Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. 

Istilah "startup" menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Contoh Usaha Rinrisan Digital Startup

Contoh usaha rintisan digital, sebagaimana dikutip  Tekno Liputan6 dari laman Tech in Asia, antara lain sebagai berikut:
  • aCommerce - Startup asal Thailand yang bergerak di bidang logistik. 
  • HappyFresh - Startup basis Jakarta dan Kuala Lumpur, bergerak di bidang pemenuhan kebutuhan sehari-hari pengguna, bahan pangan dari supermarket, lalu dikirimkan langsung ke rumah pembeli.
  • YesBoss -- layanan asisten personal berbasis SMS. Pengguna cukup menghubungi YesBoss lewat SMS untuk melakukan tugas tertentu, seperti membeli tiket konser, tiket film, atau membeli bunga. 
  • eFishery -- bergerak di bidang teknologi pengembangan budidaya ikan untuk kebutuhan komersial; menawarkan mesin pemberi makan ikan secara otomatis berdasarkan populasi dan kebutuhan makanannya.
  • Jualo --  bergerak di bidang e-commerce seperti OLX Indonesia. 
  • Fabelio --  bergerak pada bidang e-commerce, khususnya penjualan furnitur. 
  • HijUp -- bergerak di bidang penjualan keperluan fashion bernuansa Islami atau busana muslimah jilbab/kerudung. 
  • Kudo -- bergerak di bidang jasa penjualan, seperti pulsa, voucher game, termasuk makanan. 
  • Zeemi.tv -- menawarkan layanan live streaming bagi penggunanya. 
  • Bridestory -- online wedding marketplace di Indonesia bagi pasangan calon pengantin.

Di Indonesia bisnis startup atau usaha rintisan digital terus bermunculan. Bisnis eCommerce mendominasi usaha era internet. Ojek dan taksi online pun berkembang pesat. Berbagai aplikasi terus meramaikan Google Play Store.

Kaskus termasuk bisnis start-up. Anda pun bisa "menirunya", mulai dari yang sederhana, seperti membuat situs iklan gratis atau blog bisnis.

Traveloka, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan sejenisnya merupakan bisnis startup yang berkembang dan mendominasi jagat maya di Indonesia. Raksasa media sosial Facebook pun berawal dari start-up.
 
Bagaimana memulainya? Daftar 55 New Startup Business dari Entrepreneur mungkin membantu Anda mendapatkan ide atau inspirasi memulai bisnis startup atau usaha rintisan digital atau bisnis online.

Demikian Pengertian Startup: Usaha Rintisan Digital, Contoh, dan Ide. Sukses buat bisnis Anda!

1 Comments

Previous Post Next Post