Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia

Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia - Universitas Negeri dan Swasta. 

Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia
Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia berikut ini untuk kategori Universitas Negeri dan Swasta.

Jika Anda mengetik kata kunci Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia  di Google, maka akan muncul banyak link yang mencantumkan daftar Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia.

Admin sarankan, bukalah link yang mengarah ke situs terpercaya, misalnya situs berita ternama yang biasanya memuat Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia berdasarkan hasil survei atau riset.

Penghargaan "The Best School of Communication" (Sekolah Terbaik Komunikasi) yang biasa diberikan Majalah Mix Marketing juga cukup membantu menemukan Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia.

Fikom Unpad, misalnya, sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan sebagai Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia versi majalah tersebut.

Daftar Jurusan Ilmu komunikasi Terbaik di Indonenesia

Jurusan Ilmu Komunikasi terbaik adalah jurusan komunikasi yang mendapatkan Akreditasi A di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berikut ini Daftar Jurusan Komunikasi Akreditasi A dalam Data Tahun 2017 di halaman resmi BAN-PT. Daftar berikut ini bukan susunan peringkat karena semuanya Akreditasi A.
  1. Universitas Padjadjaran
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  4. Universitas Sumatera Utara
  5. Universitas Kristen Petra
  6. Universitas Bhayangkara Surabaya
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Lspr
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Universitas Telkom
  10. Universitas Gunadarma
  11. Universitas Tarumanagara

Kampus PT Islam
Untuk kampus perguruan tinggi Islam, jurusan komunikasi terbaik (Akreditasi A) di data 2017 hanya ada dua:
  • Universitas Ibn Khaldun Bogor (Komunikasi Dan Penyiaran Islam)
  • Universitas Islam Negeri Walisongo ((Komunikasi Dan Penyiaran Islam)
Jurusan Ilmu Komunikasi biasanya terdiri dari Program Studi atau Konsentrasi:
  1. Jurnalistik
  2. Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR)
  3. Penyiaran (Broadcasting) - Radio/TV
Sarjana Ilmu Komunikasi atau lulusan jurusan ini diharapkan menguasai jurnalistik/humas/penyiaran secara teoretis dan --terutama-- praktis, yakni menjadi wartawan, reporter, editor, fotografer, kameraman, humas, penyiar/presenter andal.

Daftar Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin terjun di bidang media atau menjadi pakar komunikasi.

Jurusan Komunikasi di perguruan tinggi lainnya, yang tidak masuk dalam daftar di atas, masih terakreditasi B atau C --silakan cek di laman ban-pt. Makanya belum masuk kategori terbaik dalam postingan ini.

Biasanya, penilaian BAN-PT terutama didasarkan pada:
  1. Kurikulum
  2. Dosen
  3. Fasilitas atau Lab
Kurikulum yang ada harus sesuai dengan kebutuhan akademis dan praktis sarjana komunikasi sehingga siap pakai atau menguasai ilmu komunikasi secara praktis dan teoretis.

Dosen Jurusan Komunikasi harus kompeten di bidangnya. Karena komunikasi itu ilmu terapan, maka dosen komunikasi yang baik adalah yang berlatar belakang praktisi (wartawan, penyiar, fotografer, videografer/kameramen, sineas, dll.).

Fasilitas atau lab yang harus ada antara lain Lab Radio (Radio Kampus), Lab TV (TV Kampus), Lab Fotografi, dan Lab Film.

Pastikan kampus yang Anda pilih terakreditasi A, minimal B. Pastikan juga dosennya banyak praktisi dan ada labnya. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

1 Comments

  1. Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik ada di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT Tahun 2019, informasi lengkap kunjungi www.uma.ac.id dan fisip.uma.ac.id

    ReplyDelete
Previous Post Next Post