5 Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca (Pengunjung) Blog

Pembaca, pengguna (user), atau orang yang membuka blog kita disebut pengunjung (visitor). Tulisan berikut ini akan membahas cara mendatangkan atau meningkatkan jumlah pengunjung blog (trafik).

Tips berikut ini adalah "saran atau ide tips seo agar artikel di blog kita banyak dibaca, trafik dan pageview meningkat, dan akhirnya penghasilan AdSense pun meningkat.

Kalau belum diterima AdSense, maka sebuah blog akan segera diterima dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung (trafik) atau pageviews.

Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca (Pengunjung) Blog

Sebelum bertele-tele, langsung saja admin sebutkan cara cepat meningkatkan jumlah pengunjung, yaitu:

  1. Gunakan Template SEO Friendly.
  2. Buat konten berkualitas, yaitu postingan atau artikel yang unik, asli, lengkap, detail, dan sebaiknya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan.
  3. Bagikan (share) blog dan postingan Anda media sosial --Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan media sosial lainnya, juga di Grup WA.
  4. Aktif di forum --misalnya Kaskus dan Quora-- untuk menyertakan link blog Anda di sana dalam jawaban atau postingan (thread).
  5. Jika perlu (punya modal), pasang iklan di Google Ads dan Media Sosial.


Proses Meningkatkan Pengunjung Blog

Berikut ini tahapan cara meningkatkan jumlah pembaca (pengunjung) blog bagi pemula (newbie). Tutorial berikut ini dikenal dengan sebutan Teknik SEO.

Apa itu SEO, dengan mudah Anda bisa "Googling" untuk memahaminya. Baca juga Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur dari Google.

Intinya, SEO adalah pengoptimalan blog agar mudah dan cepat terindeks mesin pencari, khususnya Google, sehingga tampil di halaman pertama hasil pencarian (SERP).

Blog yang tampil di halaman satu Google --populer disebut page one di kalangan blogger-- akan lebih berpeluang mendapatkan banyak pengunjung.

Berikut ini tips seo blog untuk pemula. Blogger yang "bukan pemula" (senior), bisa menambahkan di kolom komentar.

1. Gunakan Template SEO Friendly

Saat membuat blog pertama, gunakan template seo friendly

Template SEO Freindly adalah template, desain, atau tema blog yang ringan, tampil cepat (fast loading, bersih, ramah seluler (mobile-friendly, responsive), juga ramah pengguna (user friendly).
Lebih mudah lagi, jika tidak mau ambil pusing soal template, gunakan template premium yang sudah dipastikan seo friendly. Anda tinggal fokus ke konten atau mengisi blog.

2. Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah isi blog yang bermanfaat bagi pembaca, unik, asli, orisinal, bukan hasil copy paste (copas), detail, dan lengkap, baik lengkap dari sisi bahasan topik maupun dari sisi format --teks, link, foto/gambar, video, alias multimedia.

Panjang tulisan antara 800-1000 kata.

Belakangan ini ngetrend di kalangan blogger membuat postingan panjang banget, bikin capek pembaca, satu kalimat satu alinea, tapi memang sih... disukai Google, namun jika tidak ramah pengguna, lama-lama mungkin Google juga akan mengabaikannya.

Dari segi "teknis", Google mengatakan, "Tulis teks yang mudah dibaca. Pengguna menyukai konten yang ditulis dengan baik dan mudah dibaca."

Konten berkualitas biasanya akan mendatangkan tautan balik alami (natural backlink) yang sangat berpengaruh besar bagi trafik dan indeks mesin pencari.


3. Kata Kunci


Kata kunci (keywords) adalah kata atau frasa yang menjadi tema atau topik artikel yang sekiranya dicari atau dibutuhkan banyak orang (pengguna).

Dalam istilah Google Ads, kata kunci adalah kata/frasa yang digunakan untuk mencocokkan iklan Anda dengan istilah yang ditelusuri orang-orang.
Saat menulis artikel (posting) atau isi blog (konten), pastikan kata kunci ditempatkan di judul, awal tulisan, di tengah tulisan, dan di akhir postingan serta di permalink

Apa itu permalink? Ini lokasinya di Blogger:

permalink judul posting blog



4. Link Building

Pastikan juga sertakan tautan kedalam (internal link) dan tautan keluar (external link) dalam artikel yang dibuat. Lihat artikel-artikel di Wikipedia untuk contohnya.

Jangan "pelit" menambahkan link ke situs populer atau blog populer, karena postingan Anda juga nanti akan "kecipratan" populer.

Bagian dari membangun tautan (link building) adalah aktif di forum seperti Kaskus dan Quora, juga blogwalking --mengunjungi blog orang lain dan berkomentar dengan komentar yang baik (bukan nyepam).


5. Submit Blog

Daftarkan blog Anda ke Blog Directories agar blog lebih dikenal di jagat internet. Jika perlu, lalukan pula Ping, misalnya ke Pingomatic

Submit dan Ping ini merupakan usaha ekstra atau tambahan dalam Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca (Pengunjung) Blog. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: 5 Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca (Pengunjung) Blog
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, January 08, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network