Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Media Online

Related Posts

Media Online (online media) atau media daring adalah salah satu jenis media baru (new media) yang lahir berkat kehadiran dan perkembangan internet.

Jenis-Jenis Media Online
Jenis-Jenis Media Online (DreamsTime)

Media online sebagai media baru antara lain disebutkan Hall dalam buku Online Journalism (1992:3. Hall menyebutkan media online sebagai penguat sumber informasi.

“Abad sekitar cetak, telah dibuat usang oleh media baru dan semakin tidak relevan dengan kehidupan banyak pembaca. Ada beberapa saran bahkan surat kabar dan majalah dapat benar-benar digantikan oleh penyampaian informasi berbasis sistem internet.”

Secara umum, media online dipahami sebagai media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).

Pengertian Media Online secara Bahasa

Istilah media online terdiri dari dua kata, media dan online. Masing-masing kata memiliki arti tersendiri.

Media memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Association for Education and Communication Tecnology (AECT) mendefinisikan "media" sebagai segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi.

Online juga terdiri dari dua kata, on dan line. On berarti sedang berlangsung. Line berarti garis, barisan, jarak dan tema. Online berarti proses pengaksesan informasi yang sedang berlangsung melalui media internet (English Indonesia Dictionary, John M. Echols dan Hasan Shadily).

Dengan demikian, secara bahasa, pengertian media online adalah saluran informasi yang berlangsung melalui media internet. 

Pengertian Media

Karena diakses atau dikonsumsi (dibaca) menggunakan perantara jari untuk membukanya, media online disebut juga "media digital". Digital artinya yang berhubungan dengan jari. Digit = jari.

media digital

Pengertian Media Online secara Umum

Secara umum, media online adalah segala jenis media yang tersaji secara online di internet yang hanya bisa diakses melalui perangkat komputer dan handphone yang terkoneksi dengan internet.

Jadi, pengertian media online secara umum yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara.

Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online. 

Jenis media online dalam pengertian umum ini antara lain website (situs web) --termasuk situs berita dan media sosial, radio online, televisi online, email, aplikasi (app) pengiriman pesan, dll.

Pengertian Media Online secara Khusus

Pengertian media online secara khusus merujuk pada media pers, media jurnalistik, media siber (cyber media), media berita, atau situs berita (news site).

media jurnalistik

Menurut Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online : Panduan Mengelola
Media Online (Nuansa, Bandung, 2012), media online adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet. 

Masih menurut Romli, media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video. 

Dalam pengertian khusus ini, media online merupakan produk jurnalistik online. 

Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan wikipedia sebagai “pelaporan fakta atauperistiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet”. Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).

Karakteristik Media Online

Karakteristik media online --baik dalam pengertian secara bahasa, pengertian secara umum, maupun pengertian khusus-- yang membedakannya dengan media konvensional adalah sebagai berikut:

1. Hanya Ada di Internet. 

Media daring ini --sebagaimana namanya-- ada dalam jaringan, yakni jaringan internet yang menghubungkan satu komputer ke komputer lain. Media online tidak bisa diakses tanpa koneksi internet.

2. Basis Komputer & Internet

Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).

3. Multimedia. 

Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video).

4. Unlimited Space

Kapasitas luas --halaman web bisa menampung naskah sangat panjang

5. Real Time & Flexible

Informasi bisa disajikan saat kejadian berlangsung dan bisa diupdate atau edit kapan saja dan di mana saja.

6. Wide Audience

Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.

7. Interactive

Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.

8. Storage.

Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).

9. Links

Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji, baik dengan data yang ada dalam satu website maupun di website lain.

Jenis-Jenis Media Online

Secara umum, semua media yang tersedia di internet atau membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya termasuk jenis media online, seperti website, radio online, TV online, media sosial, aplikasi chatting, forum online, dan email.

Media online dalam arti khusus --yakni media massa atau media komunikasi massa-- terdiri dari:
  1. Situs berita berupa edisi online dari media cetak suratkabar atau majalah.
  2. Situs berita berupa edisi online dari media penyiaran radio.
  3. Situs berita berupa edisi online media penyerian televisi (streaming)
  4. Situs berita online murni yang tidak terkait dengan media cetak/elektronik.
  5. Situs “indeks berita” yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.
Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis media online, khususnya kategori situs web (website), dapat digolongkan menjadi:
  1. News Organization Website: situs lembaga pers atau penyiaran, misalnya edisi online suratkabar, televisi, agen berita, dan radio.
  2. Commercial Organization Website: situs lembaha bisnis atau perusahaan, seperti manufaktur, retailer, dan jasa keuangan, termasuk took-toko online dan bisnis online.
  3. Website Pemerintah-- di Indonesia ditandai dengan domain go.id, setneg.go.id, dpr.go.id
  4. Website Kelompok Kepentingan (Interest Group), termasuk website ormas, parpol, dan LSM.
  5. Website Organisasi, seperti situs resmi lembaga, kelompok, klub sepakbola, atau komunitas.
  6. Personal Website (Blog)
Demikian Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Media Online secara bahasa, istilah, karakteristiknya, dan jenis-jenis media daring. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).

Sumber: M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung. Penerbit Nuansa Cendekia; English Indonesia Dictionary, John M. Echols dan Hasan Shadily; Jim Hall. 2001. Online Journalism: A Critical Primer. Pluto Press. London.

» Thanks for reading: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Media Online   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Friday, February 15, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network