5 Komponen Kendaraan yang Selalu Dicek Agar Kendaraan Anda Terhindar dari Masalah

Related Posts

Perawatan kendaraan merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap bulan, tujuannya untuk menjaga kondisi kendaraan saat digunakan dan bebas dari masalah.


Perawatan yang harus dilakukan salah satunya adalah mengganti suku cadang yang wajib Anda lakukan, seperti ganti oli, busi, kampas rem, ban. Penggantian suku cadang yang terlambat akan menimbulkan risiko dadakan.

Perawatan kendaraan sudah dijadwalkan oleh setiap pabrik pembuatan kendaraan. Nah, karena itu Anda harus rutin untuk menggantinya atau menservis kendaraan Anda. 

Pernahkan Anda mengalami mogok tiba-tiba di jalan? Atau kendaraan anda tiba-tiba menjadi tidak enak dan tidak nyaman saat dikendarai. 

5 Komponen Kendaraan yang Selalu Dicek 

Mari kita lihat satu per satu, perawatan part apa saja yang sering rusak. Berikut 5 komponen sparepart motor yang harus selalu di cek.

1. Oli Mesin 

Oli Mesin

Oli memiliki peran yang sangat penting untuk mesin kendaraan anda, oli berfungsi untuk melumasi mesin bagian dalam dan menjaga agar dalaman mesin berkerja dengan baik. 

Oli juga memiliki peran sebagai pendingin mesin, melindungi mesin dari goresan-goresan. Beban kerjanya cukup berat , karena oli harus diganti pada 1.000 Km pertama pemakaian kendaraan. Pergantian oli harus rutin untuk menjaga kesehatan mesin. 

2. Aki 

aki

Aki adalah komponen terpenting dalam kendaraan. Aki motor merupakan pasokan listrik yang mampu membuat seluruh fungsi kendaraan bekerja dengan normal. 

Penggunaan aki lumayan lama sekitar antara 2 atau 3 tahun. Aki jaman sekarang digunakan jauh lebih singkat daripada aki jaman dulu. 

Aki biasanya sering terjadi soak, ketika motor anda kelebihan beban listrik atau bisa juga aki basah karena tidak pernah dicek airnya. 

Untuk memperpanjang masa hidup aki, anda harus bisa mengurangi beban kelistrikan supaya aki tidak cepat soak atau tekor. 

3. Kanvas Rem dan bagian kaki kendaraan 

 Kanvas Rem dan bagian kaki kendaraan

Pengereman adalah bagian yang sangat penting untuk kendaraan anda. Fungsi pengeraman ini tidak bisa dipandang dengan enteng. 

Penggunaan kendaraan sehari-hari ditambah lagi dengan kondisi di kota yang didominasi stop and go membuat kanvas rem anda selalu bekerja keras. 

Untuk mengganti kanvas rem ini biasanya disesuaikan dengan waktu perbulan yang rutin atau setiap 20.000 km. Bagian kaki kendaran juga perlu diperiksa karena memiliki usia pakai yang pendek. 

Lalu bagian seperti tie rod, suspensi dan bushing rentan rusak karena medan jalanan yang kalian lalui. Komponen ini wajib diganti untuk menjaga keselamatan berkendara anda. 

4. Ban

ban

Ban adalah komponen yang sering diganti karena faktor kondisi jalan, kalian pasti sering menghantam jalan rusak, atau kerusakan dari benda-benda di jalan raya seperti paku, atau kerikil yang tidak dapat diperbaiki kembali normal. 

Kondisi yang kedua adalah kurangnya dan kelebihan tekanan udara yang tidak disadari oleh pengguna kendaraan. Untuk penggantian ban biasanya 40.000 km atau dalam tiga setengah tahun pemakaian.

5. Busi 

busi

Busi adalah sparepart motor yang paling sering rusak pada kendaraan Anda. Benda ini sangat berpengaruh besar untuk kehidupan kendaraan. 

Ketika kendaraan Anda mati di tengah perjalanan, dan dibawa ke suatu bengkel, pasti setiap montir terlebih dahulu mengecek si busi ini. 

Busi akan mati ketika terkena cairan . Cairan ini biasanya dikarenakan ada air yang nyelip ke cangklong busi atau bisa juga berasal dari oli mesin yang naik ke ruang pembakaran. 

Yang jadi masalah utama untuk busi adalah si pengguna kendaraan yang mengganti busi menjadi yang racing pada mesin standar, karena tidak sesuai dengan kondisi mesin. 

Bagi Anda yang tidak mau businya cepat mati, gunakalah busi yang sesuai mesin motor Anda dan selalu cek busi secara rutin. 

Itulah deretan komponen kendaraan yang selalu dicek. Anda bisa juga harus rutin untuk menggantinya.

Semoga Artikel ini bisa membuat Anda lebih paham untuk mengenai komponen Kendaraan.*

» Thanks for reading: 5 Komponen Kendaraan yang Selalu Dicek Agar Kendaraan Anda Terhindar dari Masalah   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Friday, March 22, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network