Pengertian & Tips Humas Online - Cyber Public Relations (PR)

Related Posts

Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) menurut Public Relations Society of America (PRSA) adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik mereka."


“Public relations is a strategic communication process that builds mutually beneficial relationships between organizations and their publics.”

Humas Online

Menurut Wikipedia, humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan publik. 

Hubungan masyarakat dapat mencakup organisasi atau individu yang mendapatkan pemaparan kepada audiens mereka menggunakan topik-topik kepentingan umum dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. 

Humas adalah bagian, divisi, atau unit dalam sebuah lembaga atau organisasi yang bertugas menangani dokumentasi, publikasi, dan hubungan lembaga dengan publik, termasuk dengan pemerintah dan media (media relations).

Saat ini, di era internet, tugas Humas kian mudah, namun juga bertambah, dalam konsep yang disebut Humas Online, Cyber PR, atau Humas Daring.

Pengertian Humas Online

Bob Julius Onggo dalam Cyber Public Relations—Strategi Membangun dan Mempertahankan Merek Global di Era Globalisasi Lewat Media Online menyebut Humas Online sebagai Electronic Public Relatios (E-PR).

E-PR, Cyber PR, Online PR, atau PR on the net diartikan sebagai kegiatan Humas yang menggunakan internet sebagai media komunikasi. 

Media internet dimanfaatkan oleh praktisi PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Ribuan on-to-one relations dapat dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya yang interaktif.

Dengan memanfaatkan website dan media sosial, humas lembaga bisa berkerja selama 24 jam secara real time dan langsung berinteraksi dengan konsumen atau klien.

Kelebihan Humas Online

  1. Komunikasi konstan
  2. Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari)
  3. Potensi target publik seluruh dunia - Pasar global
  4. Respons yang cepat
  5. Interaktif, komunikasi dua arah
  6. Hemat.
Kegiatan Humas Online dapat menghasilkan 3R bagi suatu organisasi:
  1. Relasi —mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk membangun hubungan dan citra perusahaan
  2. Reputasi — merupakan suatu seni dalam membangun reputasi online yang baik secara berkesinambungan
  3. Relevansi — mengupayakan agar setiap inisiatif online relevan dengan target audiens korporat.

Perangkat Humas Online (Online PR Tools)

1. Website

Semua organisasi modern memiliki situs web resmi. Humas harus memanfaatkan dan mengoptimalkannya sebagai media humas utama dalam kegiatan humas online.

Selain mengisinya dengan artikel bermanfaat dan informasi relevan, humas bisa publikasi rilis dan dokumen yang bisa diakses publik di website resmi lembaga.

2. Email

Dalam penulisan email, subject line hendaknya singkat, namun menggoda.  Subject line mirip dengan tajuk rencana atau headline di suatu majalah atau surat kabar untuk menggoda minat baca. 

Subject line jangan mirip iklan. Taruh kata-kata yang paling penting terlebih dahulu; tonjolkan manfaat yang paling penting; tarik perhatian penerima e-mail dengan kata-kata yang bakal mendorongnya untuk bertindak.

Jika Anda tahu nama si penerima e-mail, sapa namanya di subject line. Jangan gunakan huruf besar (kapital). Gunaka nama pribadi dan mewakili lembaga --sebutkan jabatan/posisi Anda.

3. Newsletter 

Lebih dari 60% pengguna internet sering, suka membaca atau subscribe suatu ezine yang sesuai minat mereka. 

Ezine atau majalah elektronik sarat akan informasi, artikel dan solusi. Beberapa ezine berbasis web dan e-mail. 

Ezine yang paling populer adalah yang dikirim melalui e-mail. Biasanya, ezine tidak berisi semua artikel dan berita, namun hanya artikel atau kolom tertentu; dan arsip ezine pun tersedia di situs webnya. 

Ezine berbasis web berfungsi seperti majalah, namun memberikan akses informasi online kepada para pembacanya. 

Beberapa ezine berbasis web mengharuskan pembaca menjadi pelanggan (subscriber) jika ingin membaca artikel atau mendapatkan informasi lebih lengkap. 

Ezine berbasis e-mail memudahkan pembaca untuk langsung membacanya di inbox e-mailnya tanpa harus pergi ke situs web pemilik majalah. 

Ezine berbasis e-mail biasanya lebih content-oriented dan pembacanya lebih targeted. Halamannya juga tidak banyak, hanya sekitar dua atau tiga halaman, 80% berisi artikel atau ulasan informasi yang bermutu dan 20% berisi sponsor atau iklan untuk membidik pembaca yang targeted. 

Ezine berbasis e-mail ini biasanya dikirim seminggu sekali, dua minggu sekali, atau sebulan sekali. Jika Anda mendapatkan ezine yang sesuai dengan organisasi, Anda dapat menjadi sponsor atau menulis artikel untuk ezine tersebut.

4. Blog

Praktisi humas harus memiliki blog untuk membantu menyebarkan siaran pers perusahaan dengan menulis ulang (rewriting) rilis resi dalam gaya bahasa percakapan, informal, bahkan bahasa gaul (slang).

Setiap kali perusahaan Anda melakukan sesuatu yang baru atau bagus, segera tulis postingan tentangnya di blog pribadi Anda.

5. Media Sosial

Media sosial sangat efektif untuk membangun relasi dan interaksi dengan publik. Media sosial terpopuler di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Keterampilan Humas Online (Online PR Skills)

Menurut Ragan, skills yang harus dimiliki humas online ada tujuh:
  1. Graphic design. 
  2. Visual content. 
  3. Data analytics. 
  4. Social media. 
  5. Social media monitoring. 
  6. Blogging. 
  7. HTML. 
"Humas sekarang lebih dari sekadar menulis siaran pers dan menghubungi wartawan. Keterampilan analitik digital, media sosial, dan data dapat meningkatkan karier PR."

PR now entails more than writing press releases and contacting journalists. Digital, social media and data analytics skills can boost PR careers.

ACH Communicatios menyebutkan 10 skills yang harus dimiliki PR masa kini dan masa depan:
    1. Advertising copywriting
    2. Video editing/production
    3. Mobile
    4. Social content creation/curation
    5. Analytics
    6. SEO
    7. Speed to information
    8. Programming skills
    9. Managing virtual teams
    10. Blogger outreach
    Demikian ulasan ringkas Pengertian & Tips Humas Online - Cyber Public Relations (PR). Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

    » Thanks for reading: Pengertian & Tips Humas Online - Cyber Public Relations (PR)   edit post
    Previous
    « Prev Post
    Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, March 24, 2019

    0 comments:

    Post a Comment

    Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
    Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network