Jenis-Jenis Feature

Related Posts

Feature merupakan salah satu karya jurnalistik atau jenis tulisan jurnalistik selain berita dan artikel opini. Feature menjadi pelengkap berita yang bisa menjadi sajian utama media.

Jenis-Jenis Feature

Feature adalah karya jurnalistik berita informasi yang ditulis dengan bercerita dan menggunakan gaya bahasa sastra. Disebut juga karangan khas dan karya jurnalistik sastra.

Jenis-Jenis Feature

1. Feature Human Interest 

Human Interest Feature adalah feature yang menyentuh emosi pembaca -- menimbulkan keharuan, simpati, kegembiraan, kejengkelan, atau bahkan membangkitkan amarah.

Misalnya, cerita tentang penjaga mayat di rumah sakit, kehidupan seorang petugas kebersihan di jalanan, kehidupan guru di daerah terpencil, atau kisah koruptor dan penjahat lain yang dapat menimbulkan kejengkelan.

2. Feature Sidebar

Feature sidebar adalah feature human interest yang melengkapi berita utama atau memberitakan bagian-bagian lain dari sebuah peristiwa besar, misalnya kisah korban selamat dari tsunami, nasib pengungsi yang kehilangan rumah ketika banjir.

3. Feature Biografi

Feature biografi adalah feature yang berisi kisah hidup seseorang, bisanya tokoh, orang yang berprestasi, atau seseorang yang memiliki keunikan sehingga bernilai berita tinggi.

4. Feature Profil

Profile Features berisi profil lembaga, organisasi, persahaan, atau non-person karena kisah pribadi seseorang disebut feature biografi.

5. Feature Perjalanan

Travelogue Feature menceritakan pengalaman berkesan dari sebuah perjalanan. Misalnya kunjungan ke tempat bersejarah atau objek wisata dan perjalanan haji/umroh.

Dalam jenis feature ini, biasanya unsur subjektivitas menonjol, karena biasanya penulisnya yang terlibat langsung dalam perjalanan menggunakan “aku”, “saya”, atau “kami”.

6. Feature Penjelasan

Explanatory Features menceritakan tentang apa yang sebenarnya terjadi di balik suatu peristiwa. Misalnya, kisah tentang pemicu mogok kerja.

7. Feature Sejarah

Historical Feature yaitu feature tentang peristiwa masa lalu, namun masih menarik diberitakan masa kini, seperti kisah kekejaman PKI atau peristiwan bersejarah lainnya.

8. Feature Musiman

Seasonal Features yaitu cerita tentang peristiwa yang terjadi secara rutin, kisah mudik lebaran, perayaan tahun baru, dan peristiwa lainnya.

9. Feature Tren

Trend Features ialah feature yang menceritakan tentang gaya hidup komunitas tertentu atau masyarakat pada umumnya dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, cerita tentang gaya hidup "kids zaman now" atau fenomena "cabe-cabean".

10. Feature Tips

Disebut juga Feature Petunjuk Praktis atau how-to-do Feature. Jenis feature ini menjelaskan tentang bagaimana melakukan sesuatu, mengatasi masalah, atau cara mengerjakan sesuatu, misalnya cara merawat mobil, tips tips memasak, merangkai bunga, teknik beternak burung kenari, dan sebagainya.

11. Feature Ilmiah 

Scientific Feature ialah feature mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai oleh kedalaman pembahasan dan objektivitas pandangan yang dikemukakan, menggunakan data dan informasi yang memadai.

Feature ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimuat di majalah teknik, komputer, pertanian, kesehatan, kedokteran, dll.

Demikian Jenis-Jenis Feature yang disadur dari buku Jurnalistik Praktis dan  Jurnalistik Terapan karya Asep Syamsul M. Romli. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Jenis-Jenis Feature   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, April 03, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network