Pengertian Big Data dan Contoh Penggunaannya

Related Posts

Big Data  adalah istilah umum untuk segala kumpulan himpunan data dalam jumlah yang sangat besar dan kompleks. Big Data juga melahirkan Jurnalisme Data.

pengertian big data


Setiap hari kita menciptakan banyak data, data ini bisa berasal dari mana saja; posting ke situs media sosial, gambar digital dan video, catatan transaksi pembelian dan lain-lain. Data ini adalah big data.

Pengertian Big Data

Big Data (Mahadata) adalah himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan tak terstruktur, sehingga sukar ditangani bila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional.

Big Data awalnya merupakan sebuah teknologi yang di perkenalkan untuk menanggulangi ledakan informasi yang akibat terjadi pertumbuhan pengguna perangkat mobile device dan data internet.

Big Data memiliki tiga karakteristik:
  1. Volume. Big data memiliki jumlah data yang sangat besar sehingga dalam proses pengolahan data dibutuhkan suatu penyimpanan yang besar dan dibutuhkan analisis yang lebih spesifik.
  2. Velocity. Big data memiliki aliran data yang yang cepat dan real time.
  3. Variety. Big data memiliki bentuk format data yang beragam baik terstruktur ataupun tidak terstruktur dan bergantung pada banyaknya sumber data.

Contoh Big Data

Seluruh status dan daftar gambar & video di media sosial. Pengguna Facebook saja lebih dari 2,23 miliar orang. Belum lagi Twitter, Instagram, dan media sosial lainynya.

Informasi yang Google dapatkan seperti daftar seluruh situs yang ada di dunia, pengguna Android, dan orang yang menggunakan layanan Google lainnya

Indonesia yang mulai menerapkan E-KTP tentu menyimpan seluruh informasi penduduk ke dalam komputer. Serta data pengguna telpon seluler yang terus ditambahkan.

Informasi belanja online seperti di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain.

Contoh pemanfaatan big data 

Perusahaan ritel dapat menggunakan informasi dari social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, untuk menganalisis bagaimana perilaku, persepsi pelanggan terhadap suatu produk atau brand dari perusahan.

Dengan menggunakan tools untuk pengambilan ataupun pengolahan datanya, misalnya dengan menggunakan software Gephi, Python, Netlytics, NiFi, dan Tableau.

Big Data dan Media

Martha L. Stone dalam Big Data for Media (2014) yang diterbitkan Oxford University menyebutkan, industri media sangat terdampak oleh banjir data.

pengertian big data

Yang dimaksud Big Data oleh industri media terdiri dari Empat V:
  1. Volume data — banjir data dalam jumlah yang yang diterima masyarakat.
  2. Velocity data — data yang cepat hadir yang berarti perlunya secara cepat dianalisis terutama terkait berita.
  3. Variety of structure — karena makin banyaknya data yang tidak terstruktur formatnya.
  4. Values — volume, kecepatan, dan struktur data itu semuanya memiliki values terutama untuk kepentingan jurnalisme, bisnis dan income.

pengertian big data

Big Data makin kuat dalam masyarakat termasuk di dalamnya data dari media sosial. Big Data menyebabkan berubahnya cara akses terhadap media sekaligus cara memproduksi berita.

Informasi sudah banjir dalam format digital dan tidak perlu dibeli dalam bentuk kertas sangat mempengaruhi lembaga media. Karenanya, mediac cetak --yang harus dibeli-- bertumbangan alias berhenti terbit.

Big Data juga mendorong audiens dan pembaca tidak peduli lagi kepada lembaga media massa arus utama, apalagi yang dicetak dan harus dibeli.

Informasi sudah dalam kondisi gratis di mana-mana. Media sosial yang gratis sudah menjadi sumber utama untuk mendapatkan berita atau informasi.

Masyarakat tidak perlu menunggu media cetak sehari sesudah kejadian atau analisis dan komentar seminggu sekali melalui majalah.

Kebiasaan membaca media cetak setiap pagi dari koran pagi, atau siang dari koran sore tidak lagi dapat dipertahankan.

Media online mudah diakses kapan pun dan dimana pun. Dengan mengklik situs atau aplikasi media berbasis online itu, publik akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara instan dan cepat.

Bahkan, untuk media massa elektronik seperti televisi dan radio pun akses informasi dapat diperoleh melalui perangkat gadget seperti smartphone.

Pengertian Big Data dan Contoh Penggunaannya

Konvergensi, sinergi, dan integrasi dengan digital merupakan pilihan yang harus ditempuh bagi media massa tradisional di era digital dan era Big Data.

Demikian Pengertian Big Data dan Contoh Penggunaannya. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Sumber1 Sumber2 Sumber3

» Thanks for reading: Pengertian Big Data dan Contoh Penggunaannya   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Friday, April 19, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network