Pengertian Konten dan Jenis-Jenisnya

Secara bahasa, konten (content) artinya isi, kandungan, atau muatan. Dalam konteks komunikasi dan media, konten adalah pesan (message) atau informasi (information) yang disajikan melalui sebuah media, utamanya media online.

Pengertian Konten dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Konten

Istilah konten merujuk pada media online atau media internet. Menurut KBBI, konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.

Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium, seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Istilah konten digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai komponen nilai tambah media. (Wikipedia).

Media online adalah saluran komunikasi atau penyampaian pesan yang tersaji secara online, seperti situs web (website), blog, posel (email), dan media sosial. (Baca: Pengertian dan Jenis-Jenis Media Online).

Ada ungkapan: konten adalah raja (Content is King), merujuk pada pentingnya peran konten di media online, termasuk dalam blogging.

Jenis-Jenis Konten

Berikut ini jenis-jenis konten media online. Secara garis besar, konten media online terdiri dari teks, gambar (visual), suara (audio).

1. Teks 

Teks yaitu konten berupa tulisan yang berisi ulasan, kajian, analisis, deskripsi, definisi, pengertian.

2. Gambar 

Ada ungkapann satu gambar bernilai 1000 kata (a picture is worth a thousand words). Instagram populer karena mewajibkan status update berupa foto atau video. Konten gambar paling disukai pengguna media sosial.

3. Infografis 

Infografik adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafik ini memperlihatkan informasi rumit dengan singkat dan jelas, seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, dan pendidikan. (Wikipedia)

4. Meme 

Meme adalah gambar lucu berisi sindiran atau kritik. Meme sangat populer di kalangan pengguna internet yang lebih muda. Meme sering berupa video dan gambar dengan teks lucu yang biasanya menjadi viral.

5. Video 

Cenderung berdurasi beberapa menit, memungkinkan penjelasan singkat tentang apa pun yang ingin dijelaskan oleh videografer. Ini bisa berdasarkan humor atau pembelajaran, dan sangat bagus untuk dinikmati semua orang.

6. Podcast 

Biasanya tersedia dalam seri tempat Anda dapat berlangganan, mereka adalah file audio yang tersedia untuk didengarkan.

7. Tautan 

Link. Cara yang dapat diakses bagi pembaca untuk menjangkau situs / blog lain yang Anda sukai atau rekomendasikan.

8. Game 

Setiap orang memiliki kesempatan untuk mengalami ini. Game online tersedia di pencarian Google sederhana dan bahkan di Facebook.

9. QR Code 

QR Code (Quick Response Code) adalah barcode dua dimensi yang dapat menyimpan data. Kode QR dapat dipindai pada ponsel Anda untuk memunculkan penawaran atau tautan ke produk / situs web.

Jenis-Jenis Konten Yang Paling Banyak Diminati 

Berikut ini jenis-jenis konten media online yang paling banyak diminati pengguna internet:
  1. Hiburan (Entertainment) 
  2. Liburan /Traveling 
  3. Video Viral
  4. Meme
  5. Inspirasi
  6. Motivasi
  7. Gambar Indah
  8. Quote (Kutipan)
  9. Kisah Menyentuh (Human Interest)
  10. Tips & Trik
  11. Video Tutorial
  12. Polling
Demikian Pengertian Konten dan Jenis-Jenisnya. Dihimpun dari berbagai sumber. (www.komunikasipraktis.com).*

4 Comments

  1. mohon izin , boleh ambil artikel ini untuk bahan skripsi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, silakan, nama penulisnya Admin Komunikasi Praktis aja ya...

      Delete
  2. ka ini gak ada sumber bukunya? mau izin ambil untuk skripsi

    ReplyDelete
  3. kak izin copy untuk skripsi. apa ada sumber bukunya?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post