Tak Hanya Digunakan untuk Fotografi, Ternyata Drone Juga Memiliki 7 Fungsi Lainnya Lho!

Related Posts

drone fotografi


Alat satu ini memang lagi hits banget di kalangan fotografi dan videografi, jadi tak heran banyak yang menekuni hobi tersebut yang ingin sekali memiliki drone. Ya, inilah drone.

Apa sih drone itu? 

Drone merupakan sebuah perangkat yang dapat memotret dan merekam video dari ketinggian. Bentuknya seperti pesawat terbang hanya saja tidak memiliki awak, berukuran kecil dan ringan dibawa ke mana pun.

Tidak hanya berfungsi untuk mengambil dan merekam video, kini drone juga telah dimanfaatkan untuk rekreasional, komersial dan militer lho! Pasti kamu penasaran kan? Yuk, langsung intip artikelnya di bawah ini!

1. Membantu mengatasi bencana alam

drone bencana alam

Bencana alam dapat berakibat buruk bagi siapa saja, misalnya saja membuat akses lokasi menjadi tak terkendali dan terputus.

Manusia pun tidak bisa mengatasi hal ini karena keterbatasan dalam akses tempat terjadinya bencana alam. Oleh sebab itu, banyak yang menggunakan drone untuk mengatasinya.

Mereka memanfaatkan drone untuk melacak korban, mengumpul dan mengirim sampel medis, persediaan makanan serta obat-obatan di daerah terpencil yang susah diakses menggunakan kendaraan.

Selain itu, di dalam drone mereka juga menanamkan sensor inframerah yang dapat mendeteksi manusia sehingga dapat mencari dan melakukan penyelamatan korban.

2. Dapat digunakan untuk membantu penjelajahan lokasi tambang, gas dan minyak bumi

penjelajahan lokasi tambang, gas dan minyak bumi

Drone mampu mendeteksi dan mengumpulkan informasi geologi karena dilengkapi dengan sensor elektromagnetik. Tak hanya itu benda kecil ini juga mampu mendeteksi keberadaan dan memperkirakan lokasi hingga keberadaan mineral, minyak dan gas alam.

Drone juga bisa digunakan sebagai pengelola infrastruktur dan aset bagi perusahaan tertentu. Mulai dari perusahaan minyak, gas dan tambang drone ini mampu meningkatkan efisiensi.

3. Dapat digunakan untuk real estate dan konstruksi

drone konstruksi

Salah satu bidang pekerjaan bisa memanfaatkan drone untuk menunjang kinerja adalah konstruksi dan real estate.

Dengan drone perusahaan ini akan lebih mudah untuk mengumpulkan informasi lokasi konstruksi. Mereka akan menggunakan drone sebagai pembantu dan pemasaran proses penjualan real estate dengan cara mengumpulkan video serta gambar bangunan.

4. Bagian dari strategi serta taktik militer

drone polisi

Penggunaan drone mulai aktif di berbagai negara dalam bidang militer. Drone digunakan sebagai mata-mata untuk mengintai musuh hingga strategi untuk perang.

Awal mula pembuatan drone ini memang dibuat saat terjadinya perang dunia pertama. Hingga kini drone juga dipakai untuk keamanan dan mengontrol keadaan lalu lintas.

5. Dapat membantu petugas pemadam kebakaran

drone pemadam kebakaran

Memangnya bisa ya drone digunakan untuk memadamkan api? Bisa banget, karena sekarang ini drone dilengkapi dengan penyemprot air pada setiap titik yang telah teridentifikasi sebagai sumber kebakaran.

Dulunya memang drone hanya digunakan sebagai pemberi informasi di lokasi kejadian secara langsung.

Drone juga bisa difungsikan untuk mendeteksi penyebaran api, mengetahui titik evakuasi hingga menemukan korban yang terperangkap pada ruangan, lho!

6. Digunakan untuk membantu dalam bidang pertanian

drone pertanian

Dalam bidang pertanian drone digunakan sebagai peningkat produksi tanaman serta memantau pertumbuhan tanaman. Jadi, tak heran jika kini drone juga dibutuhkan dalam bidang pertanian.

Saat drone terbang di ketinggian tertentu akan memberikan informasi mengenai masalah irigasi, variasi tanah, penyerangan hama tanaman hingga mengecek kondisi kesehatan tanaman. Hebat banget kan?

Nah, itulah 6 fungsi drone yang bisa membantu pekerjaan di bidang aerial photography. Memang kini kecanggihan teknologi sudah semakin maju dan dapat mempermudah aktivitas manusia. Tertarik untuk memiliki drone?

» Thanks for reading: Tak Hanya Digunakan untuk Fotografi, Ternyata Drone Juga Memiliki 7 Fungsi Lainnya Lho!   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Monday, August 12, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network