Pengertian Teknopreneur, Asal-Usul, dan Contohnya

Related Posts

Pemerintah dikabarkan siap menerapkan progam Kartu Prakerja. Kabarnya, kartu itu untuk memfasilitasi calon pekerja menjadi teknopreneur. Apa itu teknopreneur?

Pengertian Teknopreneur

Pengertian Teknopreneur

Secara bahasa, teknopreneur (technopreneur) adalah pengusaha teknologi atau wirausaha teknologi (KBBI). Istilah ini terdiri dari dua kata, technology dan entrepeneur.

Dalam bahasa Inggris, entrepeneur artinya pengusaha, yaitu seseorang yang mengatur dan mengoperasikan bisnis atau bisnis.

Entrepreneur secara bahasa berarti orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Jadi, pengertian teknopreneur adalah pelaku usaha di bidang teknologi. Mereka sering juga disebut pelaku ekonomi digital, seperti usaha rintisan atau start-up.

Teknopreneur adalah salah satu dampak Revolusi Industri 4.0.

Menurut Oxford Dictionary, technopreneur adalah "a person who sets up a business concerned with computers or similar technology" (seseorang yang mendirikan bisnis yang berkaitan dengan komputer atau teknologi serupa).

Teknopreneur sering disebut "entrepreneur modern" karena berbasis teknologi terkini

Seorang teknopreneur adalah wirausahawan yang paham teknologi, kreatif, inovatif, dinamis, berani tampil beda dan menempuh jalan yang belum dijelajahi, dan sangat bersemangat dengan pekerjaan mereka.

Mereka mengambil tantangan dan berusaha untuk menjalani hidup mereka dengan kesuksesan yang lebih besar. Mereka tidak takut gagal. Mereka menganggap kegagalan sebagai pengalaman belajar, stimulator untuk melihat sesuatu secara berbeda dan melangkah untuk tantangan berikutnya.

Technoprenuers terus melalui proses organik perbaikan berkelanjutan dan selalu berusaha untuk mendefinisikan kembali ekonomi digital yang dinamis.

Dalam literatur ekonomi, entrepreneur didefinisikan sebagai sesesorang yang menciptakan bisnis atau usaha dengan keberanian untuk mengambil risiko guna mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada.

Asal-Usul Teknopreneur

Istilah teknopreneur muncul di akhir tahun 1990-an seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet.

Istilah teknopreneur mulai booming di tahun 2000-an setelah teknologi internet masuk ke pelosok-pelosok.

Pendirian dan pengembangan perusahaan Information Technology (IT), seperti Microsoft, Yahoo, dan Google, juga dilakukan teknopreneuer.

Kesuksesan Google sebagai salah satu perusahaan teknologi yang mengawali kariernya dari sebuah startup.

Teknopreneur ternama, Bill Gates, bahkan menjadi orang terkaya nomor satu di dunia versi majalah Forbes.

Sebagaimana enterpreneur pada umumnya, seorang teknopreneur mampu melihat peluang yang ada di sekitar mereka.
S
aat ini sangat terbuka peluang untuk menjadi teknopreneur melalui bisnis online. Anda bisa memulainya dengan blogging, lalu mengembangkannya menjadi blog bisnis.

Ketekunan blogging dan belajar pemrograman akan meningkatkan kemampuan "coding" yang bisa berujung pada penciptaan aplikasi.

Sudah banyak bermunculan teckopreneur sukses dunia saat ini, seperti mereka yang mendirikan Facebook, Twitter, Microsoft, Google, Kaskus, Go-Jek, Bukalapak, dll.

Demikian pengertian teknopreneur. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Teknopreneur, Asal-Usul, dan Contohnya   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, August 18, 2019

1 comments:

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network