Pengertian Digital Imaging, Mengolah Gambar dari Dokumen Asli

Related Posts

Pengertian Digital Imaging, Mengolah Gambar dari Dokumen Asli

Digital Imaging adalah sebuah proses mengedit atau mengolah gambar dari dokumen asli menjadi file digital dalam bentuk pixel.

File digital ini dapat dibaca dan dimanipulasi oleh perangkat komputer dan software grafis --menggunakan perangkat pengubah citra seperti Adobe Photoshop-- sehingga membuat tampilan gambar menjadi jauh lebih bagus dari foto aslinya.

Digital Imaging

Digital Imaging di Wikipedia diartikan sebagai Pencitraan Digital, yaitu penciptaan gambar digital, biasanya dari adegan fisik.

Istilah ini sering dianggap menyiratkan atau meliputi pengolahan, kompresi, penyimpanan, percetakan, dan menampilkan gambar tersebut. Metode yang paling umum adalah dengan fotografi digital dengan kamera digital, namun metode lain juga digunakan

Fotografi digital, sebagai lawan dari fotografi film, adalah proses fotografi yang menggunakan media perekaman digital. Fotografi digital, berbeda dengan fotografi film yang menggunakan media film sebagai media penerima gambar, menggunakan sensor elektronik untuk merekam gambar, lalu selanjutnya diolah untuk disimpan dalam data biner.

Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan dan kemudahan memindahkan hasil (transfer).

Berkat Digital Imaging,  banyak orang tidak menyadari bahwa sebuah foto yang mereka lihat sebenarnya bukan foto, melainkan sebuah karya yang disebut dengan digital image atau gambar digital.

Digital imaging berkembang sejak 1960 dan 1970 untuk mengatasi kelemahan dari hasil gambar kamera film. Digital imaging saat ini sangat berkaitan erat dengan munculnya kamera digital.

Dengan digital imaging, kita dapat memperbaiki kekurangan dari gambar dan memperbaiki warna dari gambar sesuai dengan selera.

Selain itu, proses digital imaging sendiri relatif lebih mudah, setiap orang yang menguasai desain grafis, dipastikan mampu melakukan proses ini.

Dalam industri periklanan teknik, Digital Imaging sangat mendukung sebuah karya fotografi. Karya fotografi yang ditampilkan seringkali mengalami pengolahan, perekayasaan, dan manipulatif.

Berkat Digital Imaging, kita bisa melihat foto seseorang sedang berjalan di tengah lautan. Hasil fotonya benar-benar artistik.

Di lain waktu, teman Anda yang baru saja menikah menunjukkan hasil photo pre-weddingnya, teman Anda terlihat sangat mempesona seperti putri salju dan hasil fotonya terlihat sangat halus. Anda bertanya-tanya bagaimana caranya mendapatkan hasil foto seperti itu? Ternyata, Digital imaging solusinya!

Seseorang yang memiliki sebuah smartphone atau komputer yang diperlengkapi dengan perangkat lunak pengolah citra (photo / image editting software) bisa juga menghasilkan gambar atau image. Ia bisa menghasilkan image dengan cara yang berbeda dari kedua golongan terdahulu.

Contoh Digital Image dan Foto

Foto 1 :

Digital Imaging

Foto 2 :

Digital Imaging

Digital Image :

Digital Imaging

Proses Digital Imaging

Berikut ini beberapa Operasi yang terdapat pada Digital Image Processing :

  1. Image-Enchantment: sebuah operasi untuk memperbaiki kualitas image, seperti sharpening(penajaman) dan perbaikan kontras.
  2. Image-Restoration: adalah sebuah operasi yang bertujuan memperbaiki cacat image, seperti menghilangkan noise.
  3. Image-Segmentation: adalah sebuah operasi untuk memecah image menjadi beberapa bagian.
  4. Image-Analysis, adalah sebuah operasi untuk menghitung besaran kuantitatif image, seperti mendeteksi tepi objek dan representasi area.
  5. Image-Reconstruction: adalah sebuah operasi untuk membentuk ulang objek dari hasil projeksi objek, seperti gambar yang dihasilkan dari rontgen.
Proses Digital Imaging juga meliouti:

  1. Editing atau perubahan warna diperkenankan
  2. Sharpening (mempertajam) foto diperkenankan
  3. Melakukan perubahan terhadap kontras dari sebuah foto biasanya tidak dilarang
  4. Saturasi warna juga bukan sesuatu yang diharamkan
  5. Cropping atau pemotongan juga bukan sebuah masalah.
Proses Digital Imaging


CONTOH DIGITAL IMAGING

1. Manipulasi Foto

Manipulasi Foto


2. Penggabungan Foto dan Elemen Vector

Penggabungan Foto dan Elemen Vector


Sumber:
https://www.nawadwipa.co.id/mengenal-digital-imaging/
http://www.fotografi.lovelybogor.com/apa-itu-digital-image-dan-digital-imaging-tidak-semua-image-keluar-dari-kamera/
http://imaging99.blogspot.com/2015/11/digital-imaging-dan-digital-imager-nya.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Digital_imaging

» Thanks for reading: Pengertian Digital Imaging, Mengolah Gambar dari Dokumen Asli   edit post
Newest
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, November 24, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network