Pengertian Digital

Kita sering mendengar, membaca, bahkan menulis kata digital, digitalisasi, dan era digital. Apa sebenarnya pengertian digital? 

Pengertian Digital

Secara etimologis, istilah digital berasal dari bahasa Yunani, yaitu digitus yang artinya jari-jemari tangan atau kaki manusia yang berjumlah 10. 

Dalam hal ini, nilai 10 terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0. Itulah asal mulanya penggunaan istilah digital dalam sistem bilangan biner.

Pengertian Digital Secara Bahasa

Secara bahasa (Inggris), digital berasal dari kata digit yang artinya (1) jari tangan/kaki; (2) bijian, angka dari satu s.d. sembilan; dan (3) jari sebagai ukuran panjang kira-kira 3/4 inci.

Dalam Kamus Bahasa Inggris, digital diartikan sebagai (1) yang berhubungan dengan jari; (2) komputer mesin hitung yang mempergunakan angka-angka untuk sistim-sistim perhitungan tertentu.

Menurut Kamus Merriam-Webster, setidaknya ada tujuh definisi digital:

1: Dari atau berhubungan dengan jari tangan atau kaki, misalnya "ketangkasan digital".
2: Dilakukan dengan jari.
3: dari, berkaitan dengan, atau menggunakan perhitungan dengan metode numerik atau dengan unit diskrit.
4: Terdiri dari data dalam bentuk digit biner khusus, misalnya gambar digital / foto, pembacaan digital, siaran digital [= siaran yang menggunakan sinyal komunikasi digital]  - bandingkan analog.
5: menyediakan pembacaan dalam angka numerik, misalnya voltmeter digital; jam digital.
6: berkaitan dengan metode perekaman audio di mana gelombang suara direpresentasikan secara digital (seperti pada pita magnetik) sehingga dalam rekaman wow dan bergetar dihilangkan dan kebisingan latar belakang berkurang
7: ELEKTRONIK. Perangkat / teknologi digital, juga: dicirikan oleh teknologi elektronik dan khususnya komputer, 

Era digital dimaknai sebaai tempat kerja yang digerakkan secara elektronik. Para manajer menunjukkan kelebihan informasi sebagai kelemahan yang tak terhindarkan dari kehidupan di dunia digital. (David Bottoms).

Dari pengertian secara bahasa, bisa dipahami, digital berkaitan dengan teknologi yang dioperasikan dengan menggunakan jari (digit) --klik, tap, sentuh, atau tekan.

Pengertian Digital secara Istilah

Secara istilah, pengertian digital adalah penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1, atau off dan on (bilangan Biner atau disebut juga dengan istilah Binary Digit).

Pengertian digital lainnya adalah "suatu sinyal atau data yang dinyatakan dalam serangkaian angka 0 dan 1, dan umumnya diwakili oleh nilai-nilai kuantitas fisik, seperti tegangan atau polarisasi magnetik."

Secara praktis, digital adalah berkaitan dengan teknologi internet atau media online.

Mengutip Wikipedia, digital menggambarkan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua kondisi: positif dan non-positif. 

Positif dinyatakan atau diwakili oleh angka 1 dan non-positif oleh angka 0. 

Dengan demikian, data yang dikirimkan atau disimpan dengan teknologi digital dinyatakan sebagai string 0 dan 1. Masing-masing digit status ini disebut sebagai bit (dan serangkaian bit yang dapat ditangani komputer secara individual sebagai grup adalah byte).

Teknologi digital utamanya digunakan pada media komunikasi terbaru, seperti satelit dan transmisi serat optik (fiber optik). 

Sebagai contoh, modem digunakan untuk mengubah informasi digital pada komputer menjadi sinyal analog untuk saluran telepon dan untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi informasi digital pada sebuah komputer.

Pengertian Digitalisasi

Digitalisasi adalah bentuk perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital. Digitalisasi ini sudah terjadi sejak tahun 1980.

Digitalisasi adalah bentuk modernisasi atau pembaharuan dari penggunaan teknologi yang sering dikaitkan dengan kemunculan internet dan komputer. 

Berkat digitalisasi, banyak hal dapat dikerjakan melalui suatu peralatan canggih tersebut untuk memudahkan urusan masyarakat.

Demikian sekilas pengertian digital. (www.komuniksipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Digital   edit post
Newest
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, January 14, 2020

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network