Pengertian dan Perbedaan Website dan Aplikasi

Posting kali ini membalas Pengertian Website dan Aplikasi serta Perbedaan di antara keduanya.

Pengertian dan Perbedaan Website dan Aplikasi

Website (situs web) dan aplikasi (applications) sama-sama halaman website yang bisa diakses di internet melalui web browser.

Perbedaan antara Website dan Aplikasi

Kedunya dapat diakses melalui smartphone atau HP Android, tetapi ada perbedaan di antara keduanya. Perbedaan utama antara website dan aplikasi adalah sebagai berikut:
  • Website adalah halaman web yang bisa diakses langsung melalui web browser.
  • Aplikasi adalah sebuah software berupa halaman web yang bisa diakses setelah diunduh dan dipasang (download & install). Aplikasi tersedia di Apple’s App Store atau Play Store.
Jika tujuan Anda merupakan pemasaran atau komunikasi public, maka situs web mobile yang responsive dapat menjadi pilihan Anda dalam melakukan strategi pemasaran. Hal ini dikarenakan situs web seluler mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan aplikasi, diantaranya aksesibilitas, kompabilitas serta efektivitas biaya yang lebih luas.

Karena itu sangat penting bagi kemajuan bisnis serta perusahaan Anda untuk mempunyai sebuah situs web dan aplikasi, karena saat ini keduanya mempunyai perkembangan yang luar biasa di seluruh dunia.

Aplikasi Web vs Situs Web: Perbedaan Utama

Ketika Anda perlu mencari tahu perbedaan antara aplikasi web dan situs web untuk memutuskan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, Anda mungkin bingung.

Masalahnya adalah bahwa kedua definisi tersebut mirip, jadi, karena kurang memiliki pengetahuan teknis, Anda akan kesulitan membedakan keduanya.

Bagaimana Membedakan Antara Situs Web dan Aplikasi Web?

Perbedaan antara situs web dan aplikasi web biasanya adalah masalah perspektif dan semantik. Keduanya memiliki kode front-end dan back-end, biasanya bahkan ditulis dalam bahasa pemrograman yang sama.

Terkadang pengguna akhir mungkin tidak tahu perbedaannya dan Anda, sebagai pemilik bisnis, harus memahami mereka dengan jelas sebelum memilih solusi tertentu. Jadi, untuk mengenali perbedaan antara dua konsep yang hampir identik ini, kami akan mempertimbangkannya secara terperinci, dimulai dengan definisi fitur-fitur utama mereka.

Mendefinisikan Situs Web?

Menurut Wikipedia: “Situs web atau situs web adalah kumpulan sumber daya web jaringan terkait, seperti halaman web, konten multimedia, yang biasanya diidentifikasi dengan nama domain umum, dan diterbitkan pada setidaknya satu server web”.

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi. Blog, portal berita dan pemerintah, ensiklopedia online, seperti Martha Stewart, Wikipedia, CNN, USAP, Onion, dan New York Post mengirim data ke pengguna.

Kurangnya interaktivitas atau pengalaman pribadi.

Terkadang, ada kemungkinan untuk mendaftar berlangganan buletin dengan menambahkan alamat email dan formulir pengiriman. Namun, secara umum, sebagian besar situs web tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar, tetapi mereka meminta pengguna mereka untuk berlangganan buletin mereka.

Konten mendefinisikan situs web.

Konten berkualitas tinggi digunakan untuk mengirim detail tentang situs web dan mengomunikasikan tujuannya ke mesin pencari. Sejauh yang terakhir memahami tujuan situs web, mereka tahu kapan dan siapa yang menunjukkan situs web Anda dalam hasil pencarian. Karena situs web tidak dapat membanggakan interaktivitas, kontennya sebagian besar statis.

Kemudahan perawatan.

Membuat situs web melibatkan lebih sedikit waktu dan upaya dibandingkan dengan aplikasi web. Anda tidak membutuhkan pengetahuan pengkodean yang bagus untuk menggunakan situs web sederhana. Oleh karena itu, lebih mudah untuk menemukan pengembang dengan keterampilan yang diperlukan - biro desain web kecil mungkin merupakan pilihan yang sempurna.

Lebih murah untuk dikembangkan. Selama perawatannya mudah, pembuatan situs web seharusnya tidak dikenakan biaya.

Mendefinisikan Aplikasi Web?

Merujuk kembali ke Wikipedia: "Dalam komputasi, aplikasi web atau aplikasi web adalah program komputer server klien yang dijalankan klien (termasuk antarmuka pengguna dan logika sisi klien) adalah browser web".

Dibandingkan dengan situs web, aplikasi web mencakup fitur-fitur berikut:

Interaktif, dinamis dan selalu berubah.

Toko daring, katalog buku, perbankan online, dan aplikasi web lainnya seperti Airbnb, Chase, Trello, Nxtbook Media menyediakan dialog antara pengguna dan bisnis, dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan data, melakukan pembayaran elektronik, atau menggunakan obrolan langsung.

Interaksi dengan pengguna dan entri data menentukan aplikasi web.

Aplikasi web masih menyampaikan informasi, tetapi juga mendorong pengguna untuk mulai bertindak. Mari kita ambil aplikasi perbankan sebagai contoh: setelah klien memasukkan data, pembayaran diproses. Atau contoh lain mengenai toko online: pengunjung menelusuri katalog dan membeli produk atau layanan hanya dengan beberapa klik. Konsepnya agak jelas, bukan?

Diperlukan keahlian pemrograman tingkat senior.

Aplikasi web lebih rumit dalam hal implementasi, oleh karena itu, ia membutuhkan pengembang dengan berbagai keterampilan dan kemampuan.

Selain itu, aplikasi web sering memerlukan integrasi dengan teknologi eksternal seperti CRM, ERP, dan lainnya. Membangun sistem yang lebih kompleks menambah biaya akhir juga.

Lebih mahal untuk dibuat.

Karena pengembang aplikasi web memiliki keterampilan lebih besar daripada spesialis yang membuat situs web, tarifnya jauh lebih tinggi.

Demikian Pengertian dan Perbedaan Website dan Aplikasi. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Sumber/Sumber

» Thanks for reading: Pengertian dan Perbedaan Website dan Aplikasi   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, January 05, 2020

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network