Pengertian dan Tips Pemasaran Internet - Strategi Digital Marketing

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Pemasaran Internet (internet marketing) atau pemasaran digital adalah bagian dari komunikasi bisnis atau komunikasi pemasaran.

Pengertian dan Tips Pemasaran Internet - Strategi Digital Marketing

Era sales man atau sales girl keliling kompleks untuk door to door menawarkan produk atau jasa sudah masa lalu. Kini pemasaran (promosi/penjualan) lebih efektif secara online, melalui internet, baik melalui website ataupun media sosial.

Sekarang adalah era digital marketing!

Pengertian Pemasaran Internet

Pemasaran internet atau digital marketing adalah upaya untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan internet dan teknologi digital.

Pemasaran digital adalah komponen pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital berbasis internet dan online seperti komputer desktop, ponsel, dan media digital lainnya serta platform untuk mempromosikan produk dan layanan. (Wikipedia).

Menurut Data Reportal, pengguna internet di Indonesia per Januari 2020 mencapai 175.4 juta. Tentu, selama Maret-April 2020 bahan hingga Juli, pengguna meningkat karana semu serba online gegara pandemi Virus Corona (Covid-19).

Dari jumlah itu, sebanyak 160 juta menggunakan media sosial dan terjadi 338.2 juja koneksi mobile pada Januari 2020.

Rata-rata orang Indonesia online dengan menghabiskan waktu 8 jam. Tiga jam di antaranya di media sosial. Itulah target pemasaran internet atau digital marketing. 

Bagaimana cara menjangkau jutaan pengguna internet itu? Berikut ini tipsnya.

Tips dan Strategi Pemasaran Internet

Berikut ini tips dan stratege digital marketing yang diolah dari berbagai sumber.

1. Buat Akun Media Sosial Resmi

Peran media sosial untuk bisnis tentu berbeda dengan penggunaan pribadi. Oleh karena itu, siapkan akun media sosial resmi untuk bisnis Anda. 

Media sosial terbanyak digunakan di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.

Akun resmi ini bermanfaat untuk memperluas jangkauan pemasaran produk, mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan kunjungan ke website resmi, dan membangun branding di kalangan pengguna medsos.

2. Buat WA Resmi

Menurut data, 84% masyarakat Indonesia menggunakan WhatsApp dengan intensitas penggunaan cukup tinggi.

Pastikan Anda memiliki nomor wa resmi yang bisa dihubungi pengguna internet.

3. Buat Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan gratis dari Google untuk menampilkan profil bisnis Anda.

Layanan ini sangat bermanfaat bagi konsumen untuk dapat menemukan bisnis Anda dengan mudah, termasuk lokasi, atau alamat, nomor telepon, jam operasional.

Membuat Google Bisnisku sangat penting untuk menunjang visibilitas dan eksistensi bisnis Anda secara online. Artinya, semakin mudah bagi brand bisnis Anda untuk dikenal masyarakat.


4. Buat Website

Website adalah kunci kesuksesan bisnis online. Faktanya, 56% konsumen lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website.  Media sosial hanya pendukung dan mengarahkan pengguna ke website.

Maka, jika Anda tidak memiliki website Anda akan kehilangan kesempatan menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial.

Website dapat diakses selama 24 jam penuh sehingga upaya pemasaran dapat terus berjalan. Konten promosi leluasa ditampilkan di web dan dishare ke akun medi sosial. 

Jadikan web sebagai "hub" atau titik integrasi berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan..

Konten Pemasaran (Content Marketing) dipusatkan di sana, lalu dibagikan ke medsos dngan beragam format --teks, foto, video, infografis.

Your Website – A Marketing Hub | Romeltea WP

5. SEO

Mayoritas pengguna mencari tahu sebuah produk/jasa melalui mesin pencari seperti Google. Mereka juga menemukan website melalui Google. 

Karenanya, website Anda harus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin pencari. Dengan upaya SEO yang baik, website Anda bisa berada di halaman utama Google.

Banyak orang menggunakan Google ketika akan membeli sebuah produk. Maka, menempatkan website Anda di peringkat atas hasil pencarian sangat penting.

Semakin banyak pengunjung yang datang ke website, semakin besar kemungkinan adanya pembelian (conversion rate). Inilah pentingnya melakukan optimasi mesin pencari. 

6. SEM

Search Engine Marketing (SEM) adalah upaya untuk mengarahkan pengguna Google ke halaman website Anda melalui iklan. Artinya, Anda pasang iklan di Google.

Strategi SEM lebih mampu menunjukkan hasil yang cepat. SEM memungkinkan Anda melakukan pengaturan target pemasaran berdasarkan lokasi, umur ,dan lainnya.

Bahkan, strategi ini bisa diatur sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan real time. Jika tidak berhasil di salah satu program, Anda bisa langsung menghentikannya. 

7. SMM

Social Media Marketing (SMM) adalah memasang iklan di media sosial, misalnya Facebook Ads atau Twitter Ads.

8. Blog

Data menunjukkan, 60% konsumen membeli sebuah produk setelah membaca konten di blog. Itulah
alasan lebih dari 90% bisnis di seluruh dunia membuat blog untuk dapat meningkatkan penjualan.

Maksud blog di sini adalah Business Blogging atau Corporate Blogging, yaitu membuat halaman  khusus (subdomain) berisi konten menarik tentang berbagai topik, terkait produk/jasa.

Demikian Pengertian dan Tips Pemasaran Internet sekaligus Strategi Digital Marketing. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian dan Tips Pemasaran Internet - Strategi Digital Marketing   edit post
Previous
« Prev Post

0 comments on Pengertian dan Tips Pemasaran Internet - Strategi Digital Marketing

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network