Komunikasi Visual: Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Komunikasi Visual: Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP

Komunikasi terjadi di semua ruang, termasuk di arena balapan MotoGP. Menjelang dan hingga akhir balapan, MotoGP melakukan komunikasi visual berupa pengibaran bendera dengan aneka warna.

Bendera yang paling terkenal adalah "bendera finis" berwarna hitam dan putih kotak-kotak yang disebut checkered flag. Bendera ini dikibarkan di area starting grid untuk menandai berakhirnya balapan.

checkered flag

Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP

Berikut ini Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP sekaligus contoh jenis komunikasi visual --komunikasi menggunakan alat yang terlihat, tanpa kata-kata.

1. Bendera Hitam

Bendera warna hitam pekat (black flag) dikibarkan untuk menunjukkan seorang pebalap didiskualifikasi.

Bendera ini harus dikibarkan oleh setiap marshall di sirkuit bersamaan dengan nomor pebalap.  Jika bendera ini muncul, pembalap yang bersangkutan harus masuk pit dan mengakhiri lomba.

2. Bendera Hitam dengan Bundaran Oranye

Bendera hitam dengan bundaran orange jika dikibarkan menandakan seorang sepeda motor pembalap mengalami masalah mekanik.

Dengan dikibarkannya bendera ini, maka race direction memberi tahu bahwa masalah mekanik tersebut bakal membahayakan sang pembalap sendiri atau yang lain. Dengan demikian, ia harus segera meninggalkan lintasan.

3. Bendera Putih

Bendera putih (white flag) baru dikibarkan untuk mengizinkan pembalap mengganti motor. Biasanya, bendera putih dikibarkan ketika lintasan yang awalnya kering, diguyur hujan.

Karena mengganti ban tidak memungkinkan, maka pembalap bisa langsung masuk pit untuk mengganti motor dengan ban basah.

4. Bendera putih dengan palang merah dan bendera garis merah-kuning

Kombinasi bendera ini tidak dikibarkan oleh semua marshall di pos masing-masing. Kedua bendera ini harus dikibarkan secara bersamaan untuk memberi tahu pembalap bahwa mereka melintasi bagian yang basah di trek. Sebab, hujan biasanya tidak rata mengguyur semua bagian sirkuit.

5. Bendera Biru

Bendera biru (blue flag) dikibarkan di semua pos saat balapan. Biasanya, bendera biru baru dikibarkan ketika pembalap yang melaju paling belakang, hendak disalip oleh pimpinan lomba. Bendera ini merupakan pertanda agar yang bersangkutan memberi jalan.

6. Bendera Kuning

Bendera warna kuning (yellow flag) memiliki beberapa arti. Jika dikibarkan di semua baris pada starting grid, itu berarti balapan ditunda.

Jika hanya dikibarkan pada salah satu baris, maka bendera ini menandakan adanya pembalap yang mengalami masalah di starting grid.

Bendera warna kuning juga bisa berarti ada bahaya di depan ketika lomba. Jika dua bendera kuning dikibarkan sekaligus, maka pembalap harus melambatkan motor karena ada bahaya di depan yang menghalangi sebagian atau seluruh lintasan. Menyalip pembalap lain jelas dilarang ketika bendera kuning dikibarkan saat lomba.

7. Bendera hijau

Sama seperti lampu hijau di jalan raya, bendera warna hijau (green flag) untuk menandakan lintasan aman untuk dilalui. Selain itu, bendera warna hijau biasanya dikibarkan sebagai pertanda dimulainya putaran pemanasan.

Bendera hijau juga dikibarkan untuk menandai trek sudah aman jika sebelumnya marshall mengibarkan bendera kuning.

8. Bendera Merah

Bendera Merah (Red Flag) tanda bahwa balapan dihentikan atau di tunda. Apabila race belum menyelesaikan total lap yang di tentukan, biasanya Race Director menentukan apakah race wajib diulang.

Atau juga bisa ditentukan pemenangnya berdasarkan urutan lap terakhir. Biasanya keputusan Race Director ini tergantung dari Lap yang sudah ditempuh atau melebihi kurang lebih 80% dari total lap.

Itu dia Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP, sebagai bentuk Komunikasi Visual di arena MotoGP.

Sumber: IntentsGP

» Thanks for reading: Komunikasi Visual: Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP   edit post
Previous
« Prev Post

0 comments on Komunikasi Visual: Arti Warna Bendera di Balapan MotoGP

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network