Pengertian Technical Writer dan Tugasnya

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Technical Writer adalah jenis pekerjaan baru di bidang kepenulisan. Berikut ini pengertian Technical Writer dan tugasnya.


Pengertian Technical Writer dan Tugasnya
Pengertian Technical Writer dan Tugasnya (Gambar: Shutterstock).*

SEJUMLAH perusahaan dan instansi membuka lowongan kerja untu posisi technical writer. Sebagai contoh, di laman jobstreet.co.id perusahaan seperti Graha Karya Informasi, Haruka Evolusi, dan Smartfren membuka lowongan technical writer.

Untuk kalangan instansi, Dinas Komunikasi dan Informasi Provins Jawa Barat (Diskominfo Jabar) juga membuka lowongan technical writer.

"Diskominfo Provinsi Jawa Barat bidang e-Government membuka kesempatan untuk kalian bergabung menjadi bagian dari perubahan Provinsi Jawa Barat di posisi "TECHNICAL WRITER"," demikian rilis akun  @diskominfojabar, Selasa (21/7/2020).

Pengertian Technical Writer

Secara bahasa, technical writer artinya penulis teknis. Istilah dan tugasnya mirip Business Writer, Copy Writer, dan Content Writer.

Technical writer adalah pekerjaan menulis dengan membuat user guide atau manual book, dokumen fungsi aplikasi, hingga teknis aplikasi yang menerangkan bagaimana  produk dapat berjalan.

Dalam beberapa fungsi lain, Technical Writer juga membuat tulisan terkait proposal dan presentasi teknis, hingga membuat tulisan FAQ (Frequently Asked Question) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan.

Menurut Career Explorertechnical writer adalah orang atau penulis yang bertugas mengubah bahan tulisan yang kompleks dan penuh hal teknis menjadi lebih jelas dan ringkas untuk menyasar audiens tertentu.

Laman The Balance Careers menyebutkan technical writer sebagai orang yang berfungsi untuk membuat bentuk dokumentasi untuk mengomunikasikan informasi yang teknis dan kompleks dalam cara yang user-friendly.

Laman BLS menyebutkan: penulis teknis menyiapkan manual instruksi, panduan cara, artikel jurnal, dan dokumen pendukung lainnya untuk mengkomunikasikan informasi teknis dan kompleks dengan lebih mudah.

Technical writers prepare instruction manuals, how-to guides, journal articles, and other supporting documents to communicate complex and technical information more easily.

Tugas Technical Writer

Pengertian sekaligus tugas technical writer juga dijelaskan dalam lowongan kerja Graha Karya Informasi, sebagai berikut.

Deskripsi pekerjaan:

  1. Melakukan dokumentasi terhadap product/aplikasi termasuk prosedur penggunaan
  2. Memastikan dokumentasi yang dibuat sudah meliputi flow dari sisi functional dan technical dengan bekerja sama dengan developer, data engineers dan pihak lain yang diperlukan
  3. Membuat dokumentasi elektronic sebagai tambahan dari dokumentasi manual
  4. Memanage update dan versioning dari dokumen yang sudah dibuat.
Penulis teknis juga bertugas:
  1. Mengelola dokumentasi seluruh kegiatan pekerjaan, memastikan seluruh penulisan materi dokumen terkait pelaksanaan kegiatan telah sesuai dengan ketentuan tata cara penulisan dokumen
  2. Menyusun dokumen analisa kebutuhan sistem dalam bentuk Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL).
  3. Menyusun dokumen teknis sistem dalam bentuk Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL).
  4. Menyusun dokumen panduan teknis penggunaan sistem/aplikasi berupa User Manual. Karenanya technical writer juga disebut "penulis buku panduan teknis".
  5. Menyusun dokumen materi pelatihan dan membantu tenaga ahli dalam penyusunan laporan kegiatan.

Syarat Menjadi Technical Writer

Seorang technical writer wajib memiliki kemampuan menulis dan komunikasi yang baik. Ia juga harus mampu mengoprasikan tools dokumentasi dengan baik, seperti MS Office, Adobe FrameMaker, Microsoft Visio, Notepad ++, Adobe Robohelp, dan lainnya.

Technical writer profesional harus mengetahui audiens atau kepada siapa tulisan ditujukan. Audiens bisa saja klien, pelanggan, ataupun pihak teknisi.

Dalam teknis pekerjaannya, technica writer bisa menggunakan foto, gambar, diagram, dan animasi yang menaikan pemahaman pengguna.

Ia akan menentukan medium yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada audiens, seperti tulisan manual atau video, selain melakukan standarisasi konten di seluruh platform dan media.

Technical writer juga memiliki tugas untuk menyampaikan instruksi yang akan dilakukan banyak orang.

Itu dia Pengertian Technical Writer dan Tugasnya. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Technical Writer dan Tugasnya   edit post
Newest

0 comments on Pengertian Technical Writer dan Tugasnya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network