Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Bagaimana podcaster menghasilkan uang dari podcastnya? Podcasting bisa menghasilkan uang, sebagaimana blogging dan vlogging. Berikut ini Cara Menghasilkan Uang dari Podcast.

Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

PODCAST sedang digandrungi banyak orang, terutama kaum muda. Konten internet atau media yang mirip radio ini digemari karena memiliki topik khusus dan dibawakan dengan cara yang unik. 

Banyak orang berusaha mencari uang dari Podcast. Youtuber pun kini beralih ke podcast, tepatnya Video Podcast.

Anda juga berpikir untuk memulai podcast dan ingin tahu bagaimana podcaster menghasilkan uang Apakah Anda sudah memiliki podcast dan mencari cara untuk meningkatkan penghasilan Anda?

Kabar baik, ada banyak cara berbeda untuk memonetisasi podcast. Beberapa berfungsi dengan baik saat Anda baru memulai, dan yang lainnya berfungsi paling baik setelah Anda lebih mapan dan memiliki audiens yang lebih banyak.

Apa pun itu, Anda akan menemukan setidaknya satu cara untuk menghasilkan uang dari podcasting apa pun tahap Anda.

Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Berikut ini cara monetisasi podcast atau menghasilkan uang dari podcasting.

1. Sponsor dan iklan

Iklan dan sponsor mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan ketika mencari cara untuk menghasilkan uang dari podcasting.

Ada beberapa jaringan iklan podcast berbeda yang dapat menghubungkan Anda dengan pengiklan. Mereka melakukan semua pekerjaan untuk menemukan pengiklan, menegosiasikan harga, mendapatkan skrip, dan banyak lagi. 

Syaratnya, Anda harus sudah memiliki audiens antara 5.000 hingga 10.000 pendengar per bulan untuk bekerja dengan mereka.

Satu masalah dengan sponsorship adalah bahwa banyak perusahaan masih terpaku pada angka daripada interaksi dan keterlibatan. 500 pendengar yang terlibat jauh lebih berharga daripada 5.000 pendengar biasa.

Agar bisa mendapatkan sponsor atau iklan, cobalah hubungi perusahaan kecil atau lokal. Bicarakan dengan mereka tentang cara mereka dapat memperoleh manfaat dengan mendukung podcast Anda.

Jika podcast Anda berupa video (podcast video), Anda bisa membuat akun Youtube dan memonetisasinya dengan Google AdSense. Seperti Youtuber, AdSense akan membuat video podcast Anda menjadi mesin uang, selain mengundang sponsor.

2. Mengadakan Kursus

Banyak podcaster populer membuka kursus untuk mengajarkan konten serupa dengan apa yang mereka bicarakan di podcast mereka. 

Kursus daring adalah cara yang bagus untuk mengajarkan sesuatu dengan cara yang mudah diikuti. Audiens Anda bisa mendapatkan hasil tertentu setelah mereka menyelesaikannya.

Cobalah untuk memliki daftar email market sehingga Anda dapat memberi tahu audiens tentang kursus Anda di podcast melalui email. Ini adalah cara yang paling praktis agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak pendengar di podcast.

Dalam hal ini Anda akan memecah hal-hal dan menjelaskannya dengan cara sederhana dalam bentuk kursus lengkap. Ini bisa dalam bentuk video, audio, atau tulisan, dan ada banyak platform di luar sana, sekarang, yang dapat membantu Anda melakukannya.

Anda bisa gunakan platform kursus seperti Teachable dan Thinkific. Keduanya membantu Anda membuat kursus dengan cara yang sangat sederhana dan tampak hebat.

3. Menawarkan Jasa

Anda dapat menawarkan layanan yang terkait dengan konten di podcast Anda. Anda bisa menganalisis dan mengkritik iklan online di podcast. Layanan yang bisa Anda tawarkan adalah Google AdWords dan manajemen Iklan Facebook. 

Dengan menunjukkan Anda ahli dalam hal itu, orang-orang akan tahu bahwa mereka akan mendapatkan manajemen iklan tingkat ahli.

4. Pelatihan dan Konsultasi

Pelatihan dan konsultasi agak mirip dengan menawarkan layanan, tetapi Anda biasanya tidak melakukan pekerjaan untuk audiens. 

Sebaliknya, Anda membantu atau membimbing mereka. Industri umum yang memiliki banyak konsultan dan pelatih adalah kebugaran, diet, bisnis, dan pengajaran.

5. Membuat eBook

Membuat eBook adalah plihan paling populer untuk mendapatkan uang dari podcast. Hal tersebut karena eBook adalah buku yang singkat, menarik, dan mudah untuk dibuat.

Anda dapat menerbitkan sendiri eBook di hampir semua hal. Temukan sesuatu yang hangat dalam topik Anda dan tulis tentang itu. 

Namun, pastikan manfaatnya bagi pembaca benar-benar jelas. Oleh karena itu, Anda perlu mengidentifikasi masalah audiens Anda dan menemukan cara untuk menyelesaikannya.

Pikirkan baik-baik tentang masalah yang dihadapi pendengar Anda. Atau lebih baik lagi, buat survei dan tanyakan pada mereka. Bisakah Anda membuat produk yang akan membuat hidup lebih mudah bagi mereka?

6. Afiliasi

Setiap podcaster berbicara tentang hal-hal yang mereka sukai termasuk produk atau layanan. Anda bisa membicarakan hal-hal yang disenangi. 

Misalnya tentang alat musik, makanan, atau make up. Bicarakan topik tersebut karena karena Anda memang tertarik dan Anda tahu pendengar juga menyukainya.

Sekarang, setiap kali Anda menyebutkan sebuah produk, pendengar Anda mungkin tertarik untuk membelinya. Ini adalah kesempatan Anda untuk mulai mendapatkan penghasilan afiliasi. 

Pikirkan produk atau layanan yang paling Anda sukai dan lihat apakah mereka memiliki program afiliasi. Coba dekati perusahaan secara langsung untuk meminta menjadi mitra afiliasi.

Anda dapat mengambil langkah ini lebih jauh dan menggabungkannya dengan metode lain. Tidak ada alasan untuk tidak membuat kursus atau eBuku gratis (atau berbayar) yang memiliki tautan afiliasi di dalamnya.

7. Konten premium

Hasilkan uang dengan podcast melalui konten Premium. Ini adalah hal yang sederhana: jual podcast itu sendiri! 

Namun, Anda tidak dapat menjual semuanya karena Anda membutuhkan orang untuk mendengarkan secara gratis. Dengan begitu, jika audiens Anda cukup menyukainya, mereka akan membayar untuk podcast Anda.

Untuk mengatasi itu, beberapa podcast menjual katalog lama mereka. Misalnya, biarkan 50 episode terbaru tetap gratis, tetapi untuk mengakses episode yang lebih lama, Anda harus membayar. 

Podcaster lain membuat episode tambahan yang dijual di atas dan di luar konten gratis mereka.

8. Menawarkan diri Anda sebagai podcaster

Apakah ada sebuah bisnis atau industri yang belum memiliki podcast? Jika Anda memiliki keahlian dalam dunia tersebut, tawarkan diri Anda untuk menjadi podcaster dalam bisnis tersebut.

Anda bisa hidup dengan menjadi seorang podcaster bagi sebuah bisnis. Buatlah sebuah podcast yang menarik banyak audiens. 

Dengan begitu, Anda akan dibayar mahal oleh perusahaan dan bisa hidup dengan layak dari penghasilan menjadi podcaster.

9. Crowdfunding dan donasi

Anda dapat meminta sumbangan untuk membantu mendukung Anda dan podcast Anda. Podcast yang lebih berfokus pada hiburan akan cocok untuk menghasilkan uang dengan cara ini.

Platform umum untuk menerima donasi adalah Patreon. Mereka membuatnya sangat mudah untuk menawarkan konten atau bonus tambahan tergantung pada jumlah uang yang orang dukung dengan Anda.

Mereka bahkan memberi Anda kemampuan untuk memiliki RSS feed berbayar yang terpisah, yang berhubungan baik dengan metode selanjutnya untuk menghasilkan uang podcasting ...

10. Membuat acara

Membuat acara tidak hanya cara yang bagus untuk menghasilkan uang, tetapi juga menyatukan penggemar terbaik Anda dan memberikan nilai lebih. 

11. Produk fisik

Produk fisik adalah benda-benda seperti kaos, mug, dan barang curian lainnya. The Generation Why Podcast menawarkan banyak produk berbeda, ditambah konten premium, dan halaman Patreon yang sangat aktif.

Anda juga bisa membuat produk fisik atau merchandise dari podcast Anda. Para pendengar setia bisa sangat menyukai ide ini. Buatlah sebuah produk yang sangat menarik dan juga mendukung nilai dan topik yang Anda bangun dalam podcast.

12. Berbicara di depan publik (Public Speaking

Banyak podcast disukai pendengar karena membahas topik di industri yang mereka senangi. Masuk akal jika seseorang menyukai apa yang mereka dengar di podcast Anda dan menginginkan Anda untuk berbicara di depan publik. Anda akan mendapat uang dari situ.

Berbicara di depan publik adalah cara lain yang bagus untuk meningkatkan otoritas Anda dan juga mendapatkan audiens baru yang diharapkan akan menjadi pendengar podcast masa depan. Maukah Anda mengambil kesempatan ini?

Itulah 12 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari podcast. Itu pula cara seorang podcaster mendapatkan penghaslan dari podcastnya (Sumber: Podcast Insight).


» Thanks for reading: Cara Menghasilkan Uang dari Podcast   edit post
Previous
« Prev Post

0 comments on Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network