Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya

PODCAST tengah menjadi tren. Youtuber juga kini beralih ke podcast, namun tetap berupa video, sehingga menjadi video podcast.

Apa itu Podcast? Berikut ini Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya.

Podcast menjadi suatu media baru di dunia siaran Indonesia khususnya pada konten audio. Kata ini muncul sebagai singkatan dari 'iPod broadcasting' atau siaran lewat iPod.

Podcast memang dahulu dirancang untuk dapat diputar pada Macintosh dan iPod. Podcast ini menjadi makin populer pada satu tahun berikutnya, sempat jadi sangat booming pada 2007.

Bahkan, popularitas Podcast ini terus berkembang cepat sampai dengan saat ini. Sebagian besar orang Indonesia juga sudah terbiasa mendengarkan Podcast sejak 2012.

Podcast pertama kali muncul dalam artikel yang dibuat oleh Ben Hammersley dalam surat kabar The Guardian tahun 2004. Podcast  awalnya berasal dari kata "Pod"  --singkatan dari "Playable on Demand".

Pengertian Podcast 

Secara bahasa, Podcast merupakan gabungan dua kata, Pod (player on demand) dan cast (broadcast). Podcast juga singkatan dari "iPod broadcasting".

Secara istilah, podcast adalah file audio digital yang tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler, biasanya tersedia dalam bentuk seri, angsuran baru yang dapat diterima oleh pelanggan secara otomatis.

(a digital audio file made available on the Internet for downloading to a computer or mobile device, typically available as a series, new installments of which can be received by subscribers automatically)

Menurut Kamus Cambridge, podcast adalah program radio yang disimpan dalam bentuk digital yang dapat Anda unduh dari internet dan diputar di komputer atau pemutar MP3.

(a radio programme that is stored in a digital form that you can download from the internet and play on a computer or on an MP3 player).

Pengertian Podcast dan ulasannya dirilis The Podcast Host. Disebutkan, sederhananya, podcast adalah program audio, seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganan di ponsel cerdas Anda dan mendengarkannya kapan pun Anda mau.

Secara detail, podcast adalah rangkaian kata yang diucapkan, episode audio, semuanya berfokus pada topik atau tema tertentu, seperti bersepeda atau startup.

Anda dapat berlangganan acara tersebut dengan aplikasi di ponsel Anda dan mendengarkan episode kapan pun Anda suka di headphone, di mobil, atau melalui speaker.

Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya

Format dan Contoh Podcast

Jika Anda baru dalam hal ini, akan lebih mudah untuk melihat bagaimana stasiun radio mengubah acara mereka menjadi podcast.

Tapi, ingat, Podcast telah melampaui radio --Anda akan tahu lebih banyak tentang itu sebentar lagi!

Namun, pertama-tama, Radio BBC 4 telah menjalankan acara radio berjudul 'More or Less: Behind the Stats', semuanya tentang ekonomi yang menarik dan fakta angka.

Acara itu ditayangkan pada waktu yang sama setiap minggu, dan Anda harus mendengarkan radio Anda untuk mendengarkannya.

Tapi… untuk membuatnya lebih mudah untuk didengarkan, BBC juga menerbitkan setiap episode sebagai bagian dari 'More or Less Podcast'.

Setiap episode podcast adalah rekaman dari episode radio 'Lebih Banyak atau Lebih Sedikit', dan semuanya disusun dalam satu seri podcast.

Jadi, jika Anda adalah penggemar acara radio, Anda dapat berlangganan podcast Lebih Banyak atau Lebih Sedikit dan episode akan dikirimkan kepada Anda setiap minggu.

Artinya, Anda dapat mendengarkannya kapan saja, daripada mendengarkan radio di waktu yang sama setiap minggu.

Contoh di atas mungkin memberi Anda gambaran tentang seperti apa podcast itu, tetapi itu bukan jawaban lengkap untuk Apa itu podcast!

Sebagian besar acara cenderung merupakan konten yang sepenuhnya orisinal, tidak hanya menggunakan radio.

Banyak yang melarikan diri dari belenggu format radio tradisional untuk menjelajahi pendekatan orisinal yang brilian dan subjek yang sepenuhnya khusus.

Sebagai contoh:
  • Panjangnya bisa berapa saja, dari cuplikan berita 1 menit, hingga wawancara mendalam selama 3 jam.
  • Frekuensinya bisa berapa saja, dari harian hingga bulanan
  • Mereka bisa dalam format apa pun, dari pertunjukan solo sederhana hingga drama audio raksasa yang terdiri dari banyak orang
  • Mereka dapat meliput topik APA PUN, banyak di antaranya tidak akan pernah masuk ke radio
  • Tidak peduli apa yang Anda sukai, Anda akan menemukan acara yang sesuai dengan topik yang Anda sukai dan waktu yang Anda miliki.

Apakah Podcast Audio atau Video?

Kebanyakan Podcast saat ini hanya berupa audio, meskipun podcast video memang ada.

Podcasting benar-benar berkembang dari kebutuhan akan konten latar belakang. Itu berarti sesuatu yang dapat menghibur Anda, mendidik Anda atau menginspirasi Anda di latar belakang kegiatan membosankan atau hafalan lainnya.

Misalnya, salah satu cara paling umum orang mendengarkan adalah di dalam mobil. Anda tidak dapat menonton video di sana, tentu saja, jadi konten audionya bagus.

Dengan cara yang sama, podcast sangat bagus untuk didengarkan di gym, saat Anda sedang memotong rumput, atau dalam perjalanan ke kantor.

Setiap momen waktu yang terbuang bisa menjadi momen untuk audio!

Tentu saja, itu berarti Anda memerlukan sesuatu untuk didengarkan, jadi Anda mungkin perlu memiliki satu set headphone untuk dihubungkan ke smartphone Anda.

Jika tidak, hubungkan ke mobil Anda melalui Bluetooth, atau mulailah mendengarkan di Echo atau speaker pintar lainnya!

Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya

Bagaimana Cara Kerja Podcast?

Kebanyakan podcast akan bertema sekitar satu topik tertentu. Pembawa acara atau pembawa acara akan membicarakan topik itu di setiap episode.

Terkadang sangat spesifik, seperti balapan triathlon atau pelatihan anjing, dan di lain waktu lebih umum, seperti cara menjalani hidup bahagia.

Selanjutnya, setiap episode podcast itu akan berbicara tentang sesuatu yang spesifik dalam topik itu - kiat nutrisi untuk mengikuti triathlon, atau cara menghentikan perkelahian anjing Anda dengan anjing lain.

Setiap episode biasanya dijalankan oleh satu atau dua presenter reguler, membicarakan subjek itu, dan mereka akan sering meminta tamu dari luar untuk berkontribusi, atau diwawancarai.

Banyak podcast yang sangat sederhana, hanya beberapa teman yang mengobrol tentang sesuatu yang mereka sukai, seperti film, merajut, atau menjalankan bisnis.

Tetapi beberapa di antaranya sangat halus dan sangat profesional, termasuk musik tema, efek suara, pengeditan profesional, dan banyak lagi.

Podcast yang lebih profesional bagus untuk didengarkan, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan uang untuk membuatnya. 

Pertunjukan amatir, di sisi lain, mungkin memiliki beberapa sisi kasar, tetapi itu berarti mereka bisa mengeluarkannya, setiap minggu, dan menumbuhkan pengikut setia.

Kebanyakan orang mendengarkan sedikit dari kedua jenis. Faktor terbesar di sebagian besar podcast adalah host atau pembawa acara, dan Anda akan tertarik pada topik dan pembawa acara yang Anda sukai, lebih dari pendekatan yang mereka ambil.

Apa Perbedaan Antara Podcast dan File Audio?

Jika Anda hanya ingin mendengarkan, Anda tidak perlu tahu sedikit pun. Tidak kecuali jika Anda berpikir untuk memulai podcast Anda sendiri!

Tapi, jika Anda hanya ingin mendengarkan, langsung ke 'Bagaimana Mendengarkan Podcast.'

Aspek paling rumit dalam menjawab pertanyaan - Apa itu podcast? - dan di mana banyak orang menjadi bingung, ada perbedaan antara file audio sederhana dan podcast lengkap.

Penjelasan paling sederhana adalah bahwa file audio dan episode podcast secara teknis sama.

Jika Anda telah mengunduh episode Podcast dari situs Podcast, Anda telah menemukan fakta bahwa Anda baru saja mengunduh file audio.

Perbedaannya muncul saat Anda menambahkan opsi untuk berlangganan rangkaian file audio tersebut.

Jadi, jika Anda menggunakan layanan hosting Podcast untuk memungkinkan orang berlangganan rangkaian rekaman audio Anda, maka Anda tiba-tiba mengubahnya dari file audio sederhana menjadi podcast yang berfungsi penuh!

Mereka masih hanya file audio, tetapi di samping langganan, Anda sekarang dapat menyebutnya Podcast juga.

Aspek langganan dilakukan untuk Anda secara otomatis jika Anda menggunakan perusahaan Hosting Podcast yang bagus, tetapi Anda mungkin ingin tahu sedikit tentang cara kerjanya.

Ini dijalankan melalui teknologi yang disebut RSS (itu bagian yang sulit…) dan itu hanya bahasa komputer yang memungkinkan perangkat lunak Podcasting Anda berbicara ke situs web Podcasting.

Pada dasarnya, jika Anda memberikan perangkat lunak Podcasting Anda (seperti Apple Podcasts) alamat web dari Situs Podcasting, itu akan membaca RSS feed dan itu akan dapat mengunduh semua episode lama dari Podcast dan mengunduh yang baru sebagai mereka dibebaskan.

Jadi, ketika Anda menggunakan iTunes, atau aplikasi mendengarkan podcast bagus lainnya, itu akan melacak semua langganan Anda melalui setiap umpan RSS Podcast, dan itu akan secara otomatis mengunduh episode baru saat tersedia.

Ini jauh lebih mudah daripada file audio biasa di mana Anda harus mencarinya di web dan mengunduhnya sendiri.

Hal besar yang perlu diingat adalah bahwa file audio itu sendiri tidak lebih dari itu, hanya file audio.

Tetapi, jika Anda mengunggah file audio itu ke situs web dan mengizinkannya untuk berlangganan melalui umpan RSS, maka tiba-tiba itu adalah Podcast. Mudah!

Demikian Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya. Sekarang Anda tahu apa itu podcast.*

» Thanks for reading: Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya   edit post
Previous
« Prev Post

0 comments on Format dan Pengertian Podcast yang Sebenarnya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network