5 Tips Cara Mendapatkan Percaya Diri saat Berbicara di Depan Umum

5 Tips Cara Mendapatkan Percaya Diri saat Berbicara di Depan Umum

Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) memerlukan rasa percaya diri agar lancar, memikat, dan efektif-efisien. Berikut ini 5 tips sederhana dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Anda mungkin harus memberikan pidato, ceramah, presentasi, atau menyampaikan laporan di depan orang banyak.

Tanpa percaya diri, Anda mungkin merasa gugup, grogi, bahkan merasa takut melakukan public speaking.  

5 Tips Cara Mendapatkan Percaya Diri saat Public Speaking

Bagaimana mendapatkan dan meningkatkan rasa percaya diri? Berikut ini tips ringkas dari laman Psychology Today.

1. Percayalah pada kemampuan Anda untuk berkembang.

Anda tidak perlu percaya bahwa Anda bisa menjadi John F. Kennedy berikutnya, tetapi Anda harus yakin pada kemampuan Anda untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

Orang pada umumnya akan bekerja lebih baik jika mereka memiliki mindset berkembang (Anda melihat diri Anda sedang dalam proses) vs. mindset tetap (Anda yakin kapasitas Anda sudah tetap).

Periksa - Apakah Anda memiliki mindset berkembang dalam hal keterampilan berbicara di depan umum? Anda harus yakin, Anda bisa berubah menjadi lebih baik!

2. Percaya diri dalam mengurangi overarousal fisiologis.

Anda akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam berbicara di depan umum jika Anda tidak berada dalam mode pertarungan / lari / diam saat Anda memberikan ceramah Anda.

Pelajari cara menenangkan diri Anda secara fisiologis dengan berlatih memperlambat pernapasan, yang pada akhirnya akan mengurangi detak jantung Anda.

3. Berlatihlah melihat wajah penonton saat Anda berbicara.

Orang yang cemas cenderung menghindari melihat wajah penonton (menghindari kontak mata), atau terpaku pada wajah orang yang terlihat bosan.

Belajarlah untuk mencari tanda-tanda ketertarikan serta tanda-tanda ketidaktertarikan. Lakukan kontak mata (eye contact) dan tersenyumlah kepada orang-orang di antara penonton.

Ketika seseorang balas tersenyum, kembalikan pandangan Anda ke orang itu nanti dalam pembicaraan Anda.

Tips kontak mata jika merasa gugup: arahkan mata Anda kepada "atas kepala" hadirin, bukan kepada mata mereka.  

4. Tujuan Pendekatan vs. Penghindaran.

Sasaran penghindaran adalah hal-hal seperti "Saya ingin menghindari wajah merona" atau "Saya ingin menghindari perasaan cemas saat berbicara."

Tujuan pendekatan adalah hal-hal "Saya ingin mengkomunikasikan 3 poin kunci saya dengan jelas sehingga semua orang yang hadir meninggalkan pembicaraan untuk memahami poin-poin tersebut."

Tujuan pendekatan lebih berguna daripada tujuan penghindaran. Identifikasi apa tujuan pendekatan Anda.

5. Rekam video Anda sendiri.

Orang yang cemas sering menghindari umpan balik kinerja yang objektif. Jika Anda yakin Anda memiliki kapasitas untuk meningkatkan, meninjau kinerja Anda secara objektif tidak akan terlalu mengancam (karena Anda dapat memperbaiki kelemahan apa pun.) 

Jangan mencoba untuk meningkatkan hanya dengan berkeinginan untuk meningkatkan diri sendiri. 

Benar-benar mengambil langkah-langkah yang mungkin menghasilkan perbaikan seperti merekam video diri Anda sedang berlatih atau bekerja dengan seorang pelatih.

Membuat beberapa video youtube pendek (masing-masing hanya beberapa menit) adalah cara yang bagus untuk berlatih dan menghasilkan sesuatu yang berguna dari latihan itu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

Demikian  5 Tips Cara Mendapatkan Percaya Diri saat Berbicara di Depan Umum.*


Post a Comment

Previous Post Next Post