Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT).

ISTILAH  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) populer seiring dengan perkembangan pesat bidang tersebut.

Istilah pendeknya IT, singkatan dari Information Technology. Namun, istilah IT tidak mencakup komunikasi, hanya teknologi.

Information and communications technology (ICT) refers to all the technology used to handle telecommunications, broadcast media, intelligent building management systems, audiovisual processing and transmission systems, and network-based control and monitoring functions. (Techopedia)


Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 


Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang memroses atau mengolah dan memproduksi informasi serta menyebarluaskan atau mempublikasikannya, seperti Komunikasi Media.

Data Wikipedia menyebutkan, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK terdiri dari dua istilah, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
  • Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan denan proses manipulasi dan pengelolaan informasi. Contoh: komputer, kamera.
  • Teknologi Komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Contoh: blog/website, SmartPhone/Handphone.

Pengertian TIK Menurut Ahli
  • Eric Deeson: Teknologi Informasi & Komunikasi  adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
  • Susanto: Teknologi  Informasi & Komunikasi  adalah sebuah media/alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data/informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

Pengerian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemrosesan infomasi.

Contoh Teknologi Informasi adalah komputer yang memproses teks dan kamera yang menghasilkan gambar/foto.

Pengertian Teknologi Informasi (IT) Menurut Para Ahli
  • Haag dan Keen (1996): teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data/informasi.
  • Williams dan Sawyer (2005): teknologi informasi adalah setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.
  • Oxford English Dictonary: teknologi informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
  • Martin (1999): teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Fungsi Teknologi InformasiFungsi Teknologi Informasi (IT) ada enam fungsi:

  1. Menangkap (Capture
  2. Mengolah (Processing). Mengolah/memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi suatu informasi. Pengolahan atau pemrosesan dapat berupa pengubahan data ke bentuk lain (konversi), analisis kondisi (analisis), perhitungan (kalkulasi), penggabungan (sintetis), segalah bentuk data dan informasi.
  3. Menghasilkan (Generating). Menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna. Contohnya laporan, grafik, tabel. 
  4. Menyimpan (Store). Merekam atau menyimpan data dan informasi ke dalam suatu media untuk keperluan lainnya. Contohnya disket, hardisk, tape, compact disk dan sebagainya.
  5. Mencari kembali (Retrival). Menelusuri mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang telah tersimpan, contohnya spplier yang sudah lunas, dan sebagainya.
  6. Transmisi (Transmission). Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan melalui jaringan komputer. Contohnya mengirimkan data penjualan ke user A ke user lainnya, dan sebagainya.

Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.

Contoh Teknologi Komunikasi adalah Telepon dan Website/Blog yang menyampaikan informasi atau menyebarluaskan informasi.

Jadi, kesimpilannya, Teknologi Informasi adalah teknologi yang mengolah dan menghasilkan informasi, seperti komputer dan kamera, sedangkan Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang mendukung penyampaian, penyebarluasan, atau publikasi informasi yang dihasilkan teknologi informasi tadi. (www.komunikasipraktis.com).*

Sumber Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran  
  • Wahyudi, J.B. Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak, Jakarta, 1992. 
  • Sutarman, 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Bumi Aksara : Jakarta. 
  • Tanudikusumah, Prof. Dr. R. Djajusman, Citra Komunikasi, Jakarta, 1984.

» Thanks for reading: Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, December 11, 2016

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email
Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Creating Website
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network