Contoh Naskah Pembukaan oleh Pembawa Acara (MC)

Related Posts

Contoh Teks Naskah Pembukaan oleh Pembawa Acara (MC).

PEMBUKAAN (Opening) atau membuka acara merupakan salah satu tugas pokok pembawa acara atau Master of Ceremony (MC).

Pembukaan pula yang menjadi tugas pertama MC dalam sebuah acara.

Dalam pembukaan --opening speech, disebut juga welcome speech-- seorang MC harus mengucapkan salam, mengenalkan diri (sebut nama), menyambut dan mengucapkan terima kasih kepada audiens yang telah hadir, mengingatkan nama dan tujuan acara, serta menyebutkan susunan acara.

Jangan lupa, sebelum pembukaan dimulai, sebagai MC juga Anda bertugas memberikan sinyal bahwa acara akan segera dimulai (signal to start).  Standarnya: "Mohon perhatian, acara akan segera dimulai...!"

Tentu tidak harus begitu, bisa dengan kata-kata lain, terutama di acara hiburan (informal).

Contoh Naskah Pembukaan oleh Pembawa Acara (MC)

Ini dia contoh naskah atau kata-kata pembuka untuk pembawa acara alias MC (Emci):

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi semuanya....! 

Bapak pemateri dan peserta pelatihan yang saya hormati. 
Saya <NAMA MC>, sebagai emsi dan atas nama panitia,  mengucapkan selamat datang, di acara Pelatihan Jurnalistik bertema "Jurnalistik Itu Asyik", yang diselenggarakan oleh Komunikasi Praktis . Pelatihan ini akan berlangsung sehari saja, dari sekarang hingga sekitar jam empat sore nanti, dibagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama, jam sembilan hingga jam setengah sebelas, pelatihan akan dipandu oleh Bapak <NAMA PEMATERI> yang sudah hadir di tengah-tengah kita. Materi pelatihannya... Dasar-Dasar Jurnalistik.

Sesi kedua, dari jam setengah sebelas hingga jam dua belas, pelatihan akan dipandu Bapak <NAMA PEMATERI> dengan materi Teknik Reportase dan Wawancara.

Sesi ketiga, yaitu sesi terakhir, akan kita laksanakan setelah break untuk istirahat, shalat, dan makan siang, yaitu mulai jam satu hingga jam empat. Sesi terakhir akan dipandu Bapak .... dengan mater pelatihan Teknik Menulis Berita dan Bahasa Jurnalistik.

Bapak pemateri dan peserta pelatihan yang saya hormati. Sebelum memulai pelatihan sesi pertama, mari kita buka acara ini, dengan membaca basmalah bersama-sama..... Bismillahirrohmaanirrohiim.... Terima kasih.....

Para peserta pelatihan yang saya hormati. Sebelum pelatihan sesi pertama dimulai, saya akan perkenalkan dulu pemateri kita. Nama lengkap beliau adalah .... Biasa dipanggil ...... dst. (Sampaikan biodata pemateri sesuai dengan yang diberikan pemateri kepada panitia).

Kita persilakan kepada Bapak Pemateri untuk menyampaikan materinya. Silakan Pak....

Contoh naskah pembuka untuk MC (Emci) ini, sekali lagi, untuk acara pelatihan. Untuk acara lainnya, silakan "menyesuaikan". Untuk pembukaan MC acara hiburan tentu akan lebih "cair" dan variatif.

Contoh Naskah Pembukaan MC Lainnya

Contoh Pembukaan MC Pengajian

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Alhamdulillah, kita dapat berkumpul di majelis ini untuk mengikuti pengajian. Saya --NAMA-- atas nama pengurus pengajian, mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang sudah hadir, khususnya kepada Bapak Ustadz, terima kasih pak sudah hadir di sini.... (menengok pak ustadz sebentar).

Mari kita awali pengajian ini dengan membaca basmalah bersama-sama.... Bismillahirrohmaanirrohim....

Pak Ustadz dan ibu-ibu yang saya hormati. Acara pengajian kita hari ini terdiri dari pembacaan Al-Quran, dilanjutkan dengan tausiyah oleh Pak Ustadz.

Usai ceramah sekitar satu jam nanti, dilanjutkan dengan tanya jawab selama sekitar 30 menit. Setelah itu pengajian kita tutup dengan doa, dipimpin langsung oleh Pak Ustadz.

Kini kita dengarkan pembacaan Al-Quran oleh Ibu Dewi. Silakan Bu Dewi....

Terima kasih Bu Dewi, semoga pembacaan Al-Quran yang kita dengarkan tadi, membawa berkah bagi kita semua. Amin....!

Kini saatnya kita simak tausiyah dari Pak Ustadz. Silakan Pak.....

Demikian paparan Pak Ustadz. Saya mencatat ada beberapa poin penting yang disampaikan tadi, di antaranya pentingnya sikap sabar, jenis-jenis sabar, dan betapa besar pahala sabar dalam Islam.

Kini kita buka sesi tanya jawab. Silakan ibu-ibu, yang mau bertanya. Nanti Pak Ustadz langsung saja menjawab satu per satu pernyataan yang diajukan. Ya, silakan Bu Fitri.....

Baik, selanjutnya, silakan Bu Ahmad..... dst.

Baiklah ibu-ibu, pak ustadz, acara pengajian hari ini kita tutup dengan doa. Silakan Pak Ustadz....

Amin... Amin.. Ya Robbal 'Alamin. Demikian acara pengajian kita hari ini, semoga menambah ilmu, iman, dan amal soleh kita. Terima kasih Pak Ustadz, terima kasih juga kepada ibu-ibu, semoga kita bisa kembali menghadiri pengajian mingggu depan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh Naskah MC pada Acara Halal Bihalal

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Yang terhormat...

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat danhidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari yang berbahagia ini, kita masih diberikenikmatan dan kesehatan untuk bersilahturahmi, khususnya Acara Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri.

Hadirin yang berbahagia,
Sebagai umat manusia, sudah selayaknya dalam kehidupan sehari-hari berinteraksi dengan sesama, yang tak lepas dari khilaf, melukai hati saudara kita baik dalam perkataanatau pun perbuatan, 

Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita melapangkan dada dan membuka hati, untuk saling memaafkan.

Bapak Ibu yang terhormati, rangkaian acara Halal Bihalal Warga Kompleks Mertua Indah yang akan kita laksanakan sebagai beriku:

1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat Suci Alquran
3. Sambutan Ketua RW. 
4. Tausiah
5. Penutup dan Ramah Tamah

Baiklah hadirin, agar langkah kita mendapatkan ridho Allah SWT, marilah kita awali acara ini dengan membaca Basmalah.

Acara selanjutnya adalah pembacaan suci Alquran oleh ..... Kepada .... kami persilahkan.

Demikianlah pembacaan ayat-ayat suci yang telah diperdengarkan kepada kita semua, mudah-mudahan kita dapat mengambil pelajaran dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai perintah Allah yang terkandung didalamnya.

Acara selanjutnya, sambutan Ketua RW. Kepada ... kami persilahkan.

Terima kasih kepada .... Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat untuk kita semua.

Hadiran yang dimuliakan oleh Allah, rangkaian acara yang paling penting di hari ini adalah tausiah, yang akan disampaikan oleh Ustadz.... Kepada ustadz... kami persilakan.

Terima kasih kepada Ustadz.... Semoga tausiah yang disampaikan dengan jelas dan menarik dapat mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Baiklah hadirin sekalain, marilah kita tutup acara ini dengan membaca hamdalah, dan doa penutup akan dipimpin oleh ustadz... sekaligus sholawat sambil saling bermaafan.

Bapak Ibu yang Terhormat, kami persilakan untuk menikmati hidangan yang kami telah kami sediakan. 

Semoga terselenggaranya acara ini dapat mempererat tali silahturahmi diantara kita. Kami segenap panitia halal bihalal mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Demikian Contoh Naskah Pembukaan oleh Pembawa Acara (MC). Untuk acara lainnya bisa menyesuaikan. Semoga bermanfaat. Wasalam. (http://www.komunikasipraktis.com).*

Baca Juga:
  1. Tips Sukses MC
  2. Cara Menjadi MC
  3.  Pengertian dan Jenis-Jenis Pembawa Acara

» Thanks for reading: Contoh Naskah Pembukaan oleh Pembawa Acara (MC)   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Saturday, May 16, 2015

11 comments:

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network