Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah Pengganti Skripsi dan Cara Membuatnya

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah Pengganti Skripsi dan Cara Membuatnya
Menteri Agama Fachrul Razi memperbolehkan para mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengganti tugas akhir berupa penyusunan skripsi dengan membuat artikel yang dipublikasikan dalam jurnal milik Kemenag.

Dilansir CNN Indonesia, keputusan itu ia keluarkan sebagai kebijakan khusus penyelenggaraan perkuliahan bagi mahasiswa PTKIN saat masa pandemi virus corona (Covid-19).

Yang dimaksud artikel di sini adalah karya tulis ilmiah. Berikut ini Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah Cara Membuatnya.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah dalam bahasa Inggris disebut artikel riset (research articles). Artikel ilmiah adalah tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus dengan tujuan menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan didiskusikan, baik secara lisan maupun tertulis.

Yang dimaksud dengan audien khusus antara lain mahasiswa, dosen, peneliti, dan ilmuwan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa artikel ilmiah merupakan sebuah media komunikasi yang digunakan oleh dosen, mahasiswa, peneliti, dan ilmuwan untuk menyampaikan hasil kajian ilmu atau penelitian

Artikel dalam konteks ini memiliki pengertian sebagai karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam suatu jurnal atau pun buku kumpulan artikel yang ditulis dengan pedoman tata cara ilmiah yang telah disepakati.

Umumnya, artikel dibuat dari hasil penelitian lapangan, kajian pustaka, hasil pemikiran, atau hasil dari pengembangan proyek.

Karya tulis ilmiah yang dihasilkan dalam bentuk artikel harus ditulis secara sistematis mulai dari nama penulis, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, simpulan dan saran, sampai daftar pustaka.

Semua bagian tersebut perlu ditulis secara sederhana, namun tidak mengurangi esensi karya tulis ilmiah itu sendiri.

Dengan kata lain, apa yang dituliskan dalam artikel hanya berisi hal-hal penting saja, yang dapat menginformasikan secara keseluruhan isi artikel tersebut. Dari sistematika penulisan yang sederhana, artikel umumnya hanya memiliki tebal sekitar 10-20 halaman.

Pengertian Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau institusi akademik yang memuat artikel-artikel yang merupakan produk pemikiran ilmiah secara empiris (artikel hasil penelitian) maupun secara logis (artikel hasil pemikiran) dalam bidang ilmu tertentu.

Jurnal ilmiah merupakan forum komunikasi bagi anggota masyarakat ilmiah disiplin ilmu tertentu. Karena dibaca oleh anggota masyarakat tertentu, maka jurnal ilmiah harus menyajikan artikel-artikel yang sesuai dengan minat dan kepentingan tersebut.

Isi jurnal ilmiah adalah artikel ilmiah (research article) yakni tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus dengan tujuan menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan, baik secara lisan maupun secara tertulis.

Yang dimaksud dengan laporan yang sistematis adalah laporan yang disusun dengan mengikuti struktur dan format yang berlaku dalam suatu jurnal ilmiah.

Yang dimaksud dengan hasil kajian adalah hasil pemikiran intensif tentang suatu topik, sedangkan hasil penelitian umumnya lebih spesifik, karena harus melibatkan data, yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, laporan dari surat kabar atau majalah, wawancara, laporan saksi mata, dokumen dan sebagainya.

Jurnal dikenal sebagai publikasi periodik yang berisikan sejumlah artikel yang diterbitkan secara berkala pada interval tertentu. Jurnal biasanya diterbitkan sebulan sekali, empat bulan sekali, enam bulan sekali atau satu tahun sekali.

Kaitannya dengan karya tulis ilmiah, jurnal juga dikatakan sebagai media tempat mempublikasikan karya ilmiah yang telah dibuat. Tujuan utama dari jurnal adalah untuk menyebarluaskan suatu pengetahuan dan temuan baru dari penelitian.

Cara Membuat Artikel Ilmiah

Cara membuat artikel ilmiah adalah dengan mengikuti sistematika penulisan sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Nama Penulis -- tanpa gelar akademik
  3. Abstrak --ringkasan tulisan, gambaran umum isi artikel.
  4. Kata Kunci --3-5 keywords.
  5. Pendahuluan -- latar belakang masalah dan rumusan singkat (1-2 kalimat) pokok bahasan dan tujuannya.
  6. Kerangka Teori (Kajian Teori) --dasar teori yang menjadi acuan.
  7. Pembahasan --kupasan, analisis, argumentasi, komparasi, keputusan, dan pendirian atau sikap penulis
  8. Penutup -- simpulan dan saran
  9. Daftar Pustaka.
Berikut ini link contoh template artikel untuk jurnal

Demikian Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah Pengganti Skripsi dan Cara Membuatnya. (Sumber)


» Thanks for reading: Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah Pengganti Skripsi dan Cara Membuatnya   edit post
Previous
« Prev Post

0 comments on Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah Pengganti Skripsi dan Cara Membuatnya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network