Cara Membuat Podcast dengan Mudah

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

PODCAST sedang tren. Podcaster membuat rekaman suara dan disiarkan di internet. Jika ingin paham lebih dulu apa itu podcast, sebelum membuat podcast, silakan baca dulu Pengertian Podcast.

Cara Membuat Podcast

Cara membuat podcast sangat mudah secara teknis. Yang sulit itu mungkin menentukan atau memilik topik, serta konsisten dengan topik tersebut, agar podcast Anda unik!

Mengutip posingan di medium.com, setelah memilih topik, langsung rekam suara kamu untuk menjadi podcast. Tidak perlu langsung menggunakan alat perekam yang mahal, apalagi dengan microphone dan mixer, tapi cukup dengan software perekam suara di smartphone Anda saja.

Jika di kemudian hari kamu ingin melakukan upgrade dengan perangkat yang lebih bagus dan mahal, silakan.

Langkah selanjutnya setelah selesai merekam suara adalah mengunggah rekaman tersebut ke platform online. 

Anda sebenarnya bisa langsung mengunggahnya begitu saja tanpa proses editing. Namun, jika ingin membuatnya lebih bagus, coba saja melakukan editing dengan software gratis seperti Audacity atau GarageBand.

Anda dapat mengunggah podcast di platform yang memang sudah ramai dengan kreator dan pendengar podcast, yaitu Anchor

Selain gratis, platform tersebut pun mempunyai keunggulan karena podcast yang Anda unggah akan langsung tersedia di Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan berbagai platform lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunggah podcast di platform lain, seperti Soundcloud. Di Soundcloud Anda hanya bisa mengunggah podcast secara gratis dengan total durasi tiga jam saja.

Ketika mengunggah podcast, Anda harus memasukkan nama dan gambar cover. Jika bingung harus menggunakan gambar cover seperti apa, coba gunakan Canva untuk membuat gambar yang menarik.

Untuk merekam, Anda dapat menggunakan speaker Android, tetapi perhatikan noise dan kualitas audio. 

Headset atau earbud yang baik sering menghasilkan kualitas suara yang layak. Anda juga bisa mendapatkan mikrofon eksternal.

Hanya itu yang diperlukan untuk membuat podcast di Android! Beberapa podcaster membuat podcast di Android secara eksklusif, sementara yang lain menggunakan proses ini untuk episode sesekali ketika di jalan, merekam kuliah atau khotbah, atau melakukan wawancara langsung.

Cara Membuat Podcast Menggunakan Anchor

Platform yang sekarang jadi andalan podcaster, Anchor, tanpa peralatan yang ribet. Anda bisa langsung bikin podcast dan menyiarkannya. Aplikasinya pun gratis, bisa didownload dari Google Play Store maupun App Store.

Bagaimana cara memulainya? Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat podcast di Anchor, dari awal hingga podcast disiarkan seperti dilansir detik.com.

1. Download dan install aplikasi Anchor dari Google Play Store atau Apple App Store.




2. Jalankan dan daftarkan dulu akun kalian. Kalau mau lebih gampang, pakai saja akun Google dengan tap 'Continue with Google'.



3. Kalau sudah login, Anda akan diberi beberapa pilihan. 

Mau langsung rekam podcast? tap 'I want to make new podcast'. Atau ingin mengupload audio podcast yang sudah direkam sebelumnya, tap 'I have podcast I want to import'.

4. Di tutorial cara bikin podcast ini, kita akan bahas pilihan merekam podcast secara langsung ya. Jadi kalian bisa lanjutkan dengan tap 'Record'.



5. Silakan rekam suara Anda berbicara mengenai tema atau topik yang sudah disiapkan sebelumnya.



6. Anda bisa memberikan tanda 'Flag' dengan melakukan tap pada Add Flag. 

Fungsi dari fitur ini adalah menandai jika terdapat kesalahan pengucapan atau kesalahan lain yang bikin podcast kurang oke. Flag ini nanti akan jadi penanda bagian yang akan diedit atau malah dihilangkan.



7. Jika rekaman sudah selesai, tap 'Stop'. 

Selanjutnya, akan ditampilkan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Di tahap ini Anda bisa menambahkan backsound yang kira-kira cocok dengan tap 'Add background music'.



8. Ketika tap 'Add background music', akan muncul koleksi musik Anchor yang bisa dipilih. 

Tap tombol 'Play' untuk mendengarkan preview musiknya, lalu tap ikon plus untuk menambahkan musik yang pas.



9. Backsound-nya sudah ditambahkan nih. Kalau semuanya sudah oke, tap 'Save' untuk menyimpannya. 

Ini belum versi final ya. Jadi, audio ini baru akan disimpan ke akun, belum disiarkan.



10. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memberikan judul podcast yang akan disimpan itu. Silakan beri judul episode, lalu tap 'Add recording to episode'.




11. Sabar, sampai tahapan ini podcast masih berstatus draft. Nah, untuk menyiarkannya, tap 'Publish' yang letaknya di kanan atas.



12. Isi keterangan untuk judul episode podcast beserta deskripsi singkatnya. 

Jangan lupa, tambahkan juga urutan episode untuk mempermudah Anchor mengurutkannya dan membantu pendengar mengindentifikasi setiap episode.

13. Jika sudah terisi semua, tap 'Publish Now' atau 'Change publish date' jika podcast kalian ingin disiarkan pada hari dan jam tertentu.

14. Selesai! Podcast akan disiarkan sesuai dengan opsi yang kalian pilih. Demikian step by step cara membuat podcast di Anchor.

Gimana, gampang kan cara membuat podcast?

» Thanks for reading: Cara Membuat Podcast dengan Mudah   edit post
Previous
« Prev Post

0 comments on Cara Membuat Podcast dengan Mudah

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network