Pengertian Era Society 5.0 Pasca-Revolusi Industri 4.0

Setelah era Revolusi Industri 4.0, kini mulai populer istilah Era 5.0 atau Society 5.0. Berikut ini pengertian Era Society 5.0 pasca-Revolusi Industri 4.0.

Pengertian Era Society 5.0 Pasca-Revolusi Industri 4.0

Pengertian Era Society 5.0

Era Society 5.0 dapat didefinisikan sebagai masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan ruang maya (virtual space) dan ruang fisik (nyata). 

Tujuan Society 5.0 adalah untuk menciptakan masyarakat di mana tantangan sosial diselesaikan dengan memasukkan inovasi revolusi industri keempat (misalnya Internet of Things/IoT, Big Data, Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial, dan ekonomi berbagi) ke dalam industri dan kehidupan sosial. 

Istilah Era Society 5.0 berasal dari Jepang dari Dewan Pemerintah untuk Sains, Teknologi, dan Inovasi dan menangani setiap aspek masyarakat seperti perawatan kesehatan, mobilitas, infrastruktur, politik, pemerintah, ekonomi, dan industri.

Society 5.0 adalah revolusi industri yang dirumuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada bulan Maret 2017 di pameran CeBIT, Hannover, Jerman untuk menangani segala permasalahan yang terjadi di Jepang dan baru diresmikan pada 21 Januari 2019. 

Saat itu Jepang sedang mengalami sebuah tantangan berkurangnya populasi yang membuat penduduk/pekerja usia produktif berkurang, sehingga Jepang berusaha memperbaiki kondisi tersebut dengan menerapkan Society 5.0.

Society 5.0 juga melibatkan peluang dan tantangan besar abad ke-21. Masalah seperti perubahan iklim, migrasi dan konsumsi sumber daya harus diselesaikan bersama dan secara global. 

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) seperti kemiskinan dan pendidikan membutuhkan upaya internasional. Pelajaran dari pandemi Covid-19 dapat berdampak penting dalam menghadapi tantangan global dan situasi krisis. 

Kemajuan teknologi dan tren transformasi digital seharusnya membantu kita mengatasi masalah global ini. 

Konvergensi ruang siber dan ruang fisik dapat mendorong bentuk-bentuk baru kerja sama global. Orang, benda, dan sistem semuanya terhubung di dunia maya. Hasil yang diperoleh AI dapat melebihi kemampuan manusia dan diumpankan kembali ke ruang fisik.

Pengertian Era Society 5.0 Pasca-Revolusi Industri 4.0


Bedanya dengan Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 berawal dari konsep industri era digital atau era teknologi informasi dan komunikasi di Jerman.

Ada 6 pilar utama Revolusi Industri 4.0, yaitu masyarakat digital, energi berkelanjutan, mobilitas cerdas, hidup sehat, keamanan sipil, dan teknologi di tempat kerja. 

Konsep Revolusi Industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam penerapannya. 

Society 5.0 menjadi sebuah “solusi” dari Revolusi Industri 4.0, dimana banyak masyarakat beranggapan bahwa Industri 4.0 akan menggunakan mesin-mesin berteknologi canggih yang akan menekan jumlah pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga manusia. 

Society 5.0 ini diharapkan dapat menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi canggih dapat mengurangi adanya kesenjangan antara manusia dengan masalah ekonomi ke depannya.

Konsep Society 5.0 memungkinkan kita menggunakan ilmu pengetahuan yang berbasis modern (AI, Robot, IoT) untuk kebutuhan manusia dengan tujuan agar manusia dapat hidup dengan nyaman. 

Industri 4.0 dan Society 5.0 sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang jauh, akan tetapi konsep Society lebih focus pada konteks terhadap manusia. 

Revolusi Industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan sebagai komponen utama, sedangkan Society 5.0 menggunakan teknologi modern namun tetap mengandalkan manusia sebagai komponen utama.

Konsep Society 5.0 merupakan penyempurnaan dari konsep-konsep yang ada sebelumnya:
  • Society 1.0 adalah pada saat manusia masih berada di era berburu dan mengenal tulisan.
  • Society 2.0 adalah era pertanian dimana manusia sudah mengenal bercocok tanam
  • Society 3.0 sudah memasuki era industri yaitu ketika manusia sudah mulai menggunakan mesin untuk membantu aktivitas sehari-hari
  • Society 4.0 manusia sudah mengenal komputer hingga internet 
  • Society 5.0 adalah era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri, internet bukan hanya digunakan untuk sekedar berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan.

Komponen utama Society 5.0 adalah manusia yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi dapat meminimalisir adanya kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari. 



3 Comments

  1. diharapkan dapat menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi canggih dapat mengurangi adanya kesenjangan antara manusia dengan masalah ekonomi ke depannya

    ReplyDelete
  2. stilah Era Society 5.0 berasal dari Jepang dari Dewan Pemerintah untuk Sains, Teknologi, dan Inovasi dan menangani setiap aspek masyarakat seperti perawatan kesehatan

    ReplyDelete
  3. Thank you for nice information.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post