Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense

Komunikasi Praktis | Join us on Facebook

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjadi penayang Google AdSense. Berikut ini panduan Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense.

Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense

GOOGLE AdSense (GA) adalah program periklanan Google yang melibatkan para pemilik atau pengelola website, termasuk para bloger.

Dengan ngeblog di Blogger, kita dapat menghasilkan uang melalui blog dengan cara menampilkan AdSense dan iklan lain.

Google AdSense menjadi sumber penghasilan utama situs-situs berita dan blogger di mancanegara. Praktisnya, blog menayangkan iklan dari Google dan para penayang akan mendapatkan komisi per bulan. Jumlahnya tergantung jumlah klik dan tampilan.

Melalui program periklanan AdSense dari Google ini, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya, diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs. Pembagian keuntungan ini dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral).

Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian.

Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Penghasilan yang diterima para bloger dari AdSense bervariasi, tergantung trafik atau jumlah pengunjung dan jumlah klik. Jika dirata-rata, bloger Indonesia mendapatkan penghasilan antara 1-5 juta rupiah per bulan.

Bagaimana Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense? Berikut ini ulasannya dengan sumber langsung dari Google.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google AdSense

Cara mendaftarkan blog ke Google AdSense sangat mudah. Buka saja Google AdSense dan daftarkan blog Anda.

Salah satu ciri blog sudah bisa didaftarkan ke AdSense adalah munculnya menu Earning (Penghasilan) di dashboard Blogger.

Jika sudah muncul, Anda tinggal klik menu tersebut dan daftar ke Google AdSense.

Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense

Jika menu Earning belum muncul, maka itu artinya blog Anda belum memenuhi syarat atau belum layak didaftarkan ke AdSense.

"Jika tidak menemukan tombol tersebut, periksa persyaratan kelayakan AdSense untuk mencari tahu alasan Anda tidak memenuhi syarat untuk AdSense," demikian pernyataan Google di laman resmi AdSense.

Blog dengan trafik atau jumlah kunjungan yang tinggi, di kisaran 500 - 1000 kunjungan unik per hari, biasanya sudah bisa diterima Google AdSense.

Kata Google, sebelum Anda mendaftar ke AdSense, sebaiknya tinjau halaman Anda untuk memastikan situs Anda sudah sesuai.

Anggap saja Anda sudah berhasil Daftar ke AdSense. Langkah berikutnya adalah sebagai berikut:
  1. Pilih email Google yang terkait dengan akun Blogger Anda.
  2. Isi formulir AdSense lalu Buat akun.
  3. Masukkan detail pembayaran AdSense.
  4. Verifikasikan nomor telepon Anda lalu klik Kirim.
  5. Sistem akan secara otomatis mengarahkan Anda ke Blogger untuk menyelesaikan prosesnya.
  6. Jika Anda tidak diarahkan ke Blogger, klik Alihkan.

Jika Anda terhenti sebelum mengklik Alihkan, atau jika mendapatkan pesan "Kami sedang berusaha menyiapkan situs Anda" di halaman beranda AdSense selama lebih dari beberapa hari:
  1. Ulangi langkah 1-5.  
  2. Klik Setujui pengaitan.
Demikian Cara Daftar Google AdSense. Berikutnya kita bahas Syarat Blog Diterima Google AdSense, menurut laman resmi Google.

Syarat Blog Diterima AdSense

Google menetapkan Persyaratan Kelayakan AdSense. Para pemilik website atau blog diminta memastikan halaman situsnya siap untuk menayangkan iklan AdSense.

Syarat utama blog diterima AdSense sebenarnya hanya tiga, yaitu:
  1. Blog banyak pengunjung. Tidak ada angka resmi, namun minimal sekitar 500-1000 kunjungan per hari.
  2. Konten blog tidak melanggar kebijakan konten. Di antaranya tidak berisi konten pornografi dan perjudian.
  3. Usia Anda (pemilik blog) minimal 18 tahun alias sudah dewasa (sudah punya KTP).

Catatan: Jika Anda berusia di bawah 18 tahun, Anda dapat meminta orang tua atau wali untuk mendaftar ke AdSense menggunakan Akun Google mereka. Jika akun AdSense mereka disetujui, semua pembayaran akan diserahkan kepada orang tua/wali yang bertanggung jawab atas situs tersebut.

Yang paling sulit dalam Syarat Blog Diterima Google AdSense di atas adalah trafik atau jumlah pembaca.

Sangat banyak tips dan trik cara meningkatkan jumlah pengunjung blog. Fokusnya pada pengoptimalan mesin pencari atau SEO. Salah satunya Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog.

Tips meningkatkan kualitas blog dan bisa diterima AdSense juga dengan jelas dikemukakan Google. Disebutkan, agar situs Anda berhasil dengan AdSense, situs Anda harus memiliki konten unik yang relevan bagi pengunjung dan memberikan pengalaman pengguna yang baik.

1. Konten Unik

Konten unik adalah isi blog --baik berupa tulisan, foto, maupun video-- yang asli, tulisan sendiri, karya sendiri, bukan hasil salin tempel (copy paste), fresh, dan berbeda dengan konten blog orang lain.

"Dengan banyaknya situs di luar sana, Anda sebaiknya membuat konten yang unik, orisinal, dan relevan yang membuat pengguna terus berinteraksi dan mendorong mereka untuk membaca lebih lanjut." (Google)

Konten atau isi blog (postingan) yang bermanfaat dan orisinal sangat penting untuk membangun basis pengguna yang solid dan setia.

Jika pengguna menikmati konten Anda, mereka akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain. Hal ini akan membantu Anda mengembangkan situs atau blog yang Anda kelola.

Anda harus berhati-hati ketika menggunakan referensi eksternal seperti artikel atau video dari situs lain. Anda harus memberikan konten orisinal buatan sendiri, baik itu berupa berbagi ilmu, saran perbaikan, ulasan, atau pendapat pribadi.

Sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Penayang Google, iklan Google tidak boleh ditempatkan pada situs yang berisi konten hasil scraping atau konten yang dilindungi hak cipta. Ini adalah pelanggaran kebijakan dan dapat menyebabkan iklan Anda dinonaktifkan atau akun Anda ditutup.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang praktik terbaik untuk situs, lihat Pedoman kualitas webmaster.

Prinsip dasar konten blog berkualitas:
  1. Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  2. Jangan menipu pengguna Anda.
  3. Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika mesin telusur tidak ada?"
  4. Pikirkan tentang apa yang membuat situs Anda unik, berharga, atau menarik. 
  5. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.

2. Pengalaman Pengguna

Terkait pengalaman pengguna (user experience), blog Anda harus membuat nyaman pengunjung, baik dari sisi kualitas postingan maupun dari sisi tampilan (desain).

Berikut ini saran Google terkait pengalaman pengguna:
  1. Pertimbangkan susunan elemen (teks, gambar, dll.) di halaman Anda. 
  2. Tata letak Anda harus terlihat mengundang dan pengunjung harus dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah. 
  3. Sebaiknya sediakan bagian komentar untuk pengunjung Anda. Masukan dari pengguna yang telah menggunakan situs dan membaca konten Anda bisa sangat membantu menyempurnakan situs Anda seiring perkembangannya.
  4. Halaman Anda harus memiliki navigasi (menu/internal link) yang jelas dan mudah digunakan.
Menu navigasi yang dapat diakses dan mudah digunakan (atau panel menu) adalah bagian penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik. Saat membuat menu navigasi, pertimbangkan:
  1. Penataan - apakah semua elemen sudah ditata dengan benar?
  2. Keterbacaan - apakah teksnya mudah dibaca?
  3. Fungsi - apakah menu drop-down berfungsi dengan benar?
Contoh: Untuk situs wisata, menu navigasinya bisa seperti ini:

Beranda <> Tujuan <> Galeri <> Ulasan <> Tentang kami

Untuk situs pemrograman komputer, menu navigasinya bisa seperti ini:

Beranda <> C++ <> PhP <> JavaScript <> Pemula <> Tentang kami

Menu navigasi harus membantu pengguna secara cepat memahami cara berinteraksi dengan situs Anda.

Siap untuk AdSense?

Dari ulasan di atas, maka Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense adalah blog Anda harus memenuhi persyaratan kelayakan.

Beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum Anda mendaftar ke akun AdSense:
  1. Apakah Anda memiliki konten orisinal yang unik dan menarik?
  2. Konten Anda harus berkualitas tinggi, orisinal, dan menarik audiens. Baca tips kami untuk memastikan halaman situs Anda siap untuk AdSense.
  3. Apakah konten Anda mematuhi kebijakan Program AdSense?
  4. Apakah Anda berusia minimal 18 tahun?

Mendaftar ke AdSense melalui YouTube

Anda juga dapat Mendaftar ke AdSense melalui YouTube. Dikenal dengan istilah monetisasi akun Youtube.

Sign in (masuk) ke akun Youtube Anda dengan email Gmail Anda. Upload video yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Usahakan video buatan Anda yang orisinal. Untuk mempermudah proses dan jangan memakai background lagu yang melanggar hak cipta orang lain.

Lakukan verifikasi akun Youtube Anda terlebih dahulu. Biasanya menggunakan nomor ponsel. Selanjutnya lakukan proses sesuai dengan gambar dibawah ini.

Demikian Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense. Wasalam. (www.komuniksipraktis.com).*

Sumber

» Thanks for reading: Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense   edit post
Previous
« Prev Post

2 comments on Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense

  1. sekarang sedang susah acc, issu krna covid19

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makin ketat, penilaian utama ke konten

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network